LENSAINDONESIA.COM: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) kembali menyelenggarakan dua konferensi ilmiah unggulan internasional, yaitu The 12th International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), dan The 5th International Workshop on Big Data and Information Security (IWBIS).

ICACSIS dan IWBIS berlangsung selama dua hari, yakni pada 17 – 18 Oktober 2020 secara daring.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D dan Pj. Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto, meresmikan pelaksanaan ICACSIS dan IWBIS pada Minggu (18/10).

Turut hadir secara virtual para ilmuwan ilmu komputer dan sistem informasi, yaitu Adila Krisnadhi, Ph.D (UI/General Chair ICACSIS), Suryana Setiawan, Ph.D (UI/Program Chair ICACSIS), para General Chairs IWBIS yaitu Prof. Yudho Giri Sucahyo (UI), Dr. Setiadi Yazid (UI), Prof. Wisnu Jatmiko (UI), serta para Program Chairs IWBIS yaitu, Dr. Panca Hadi Putra (UI); Dr. Kurnianingsih (Politeknik Negeri Semarang); dan S. Indarjani (Politeknik Siber dan Sandi Negara).

Konferensi ilmiah yang dihadiri oleh lebih kurang 2000 peserta ini telah dikenal sebagai barometer internasional bagi para ilmuwan di bidang komputer dan sistem informasi.

Konferensi ini diikuti oleh ilmuwan, peneliti, profesional, serta pakar dari dalam dan luar negeri. Diantaranya Indonesia, Filipina, Amerika Serikat, Swedia, Bangladesh, Arab Saudi, India, Maroko, Pakistan, Aljazair, Sri Lanka, Norwegia, Jepang, dan Venezuela.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro menyampaikan apresiasinya kepada panitia pelaksana konferensi ilmiah yang telah menyelenggarakan kegiatan konferensi ini.

Menurutnya, penyelenggaraan konferensi menunjukkan komitmen Fasilkom UI untuk memajukan penelitian melalui kolaborasi penelitian yang kuat secara internasional. Fasilkom UI merupakan pelopor pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang ilmu komputer dan sistem informasi di UI.

“Saat dunia memasuki era informasi dan revolusi industri ke-4, sehingga keahlian yang diperoleh melalui penelitian lanjutan dalam ilmu komputer dan teknologi informasi sangatlah penting,” ujarnya.

Pj. Dekan Fasilkom UI Dr. Mursanto menuturkan, sebagai konferensi bertaraf internasional, ICACSIS dan IWBIS menjadi wadah bagi peserta dari berbagai belahan dunia untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, inovasi dan perkembangan keilmuan terkini mengenai metodologi, teori, serta aplikasi dalam bidang ilmu komputer dan sistem informasi.

“Sejak pertama kali diselenggarakan, prosiding makalah ilmiah yang dipaparkan di ICACSIS dan IWBIS telah terindeks oleh Scopus, yakni salah satu entitas pangkalan data pustaka yang dikenal oleh para peneliti dunia,” katanya.

Turut hadir secara virtual para ilmuwan ilmu komputer dan sistem informasi, yaitu Adila Krisnadhi, Ph.D (UI/General Chair ICACSIS), Suryana Setiawan, Ph.D (UI/Program Chair ICACSIS), para General Chairs IWBIS yaitu Prof. Yudho Giri Sucahyo (UI), Dr. Setiadi Yazid (UI), Prof. Wisnu Jatmiko (UI), serta para Program Chairs IWBIS yaitu, Dr. Panca Hadi Putra (UI); Dr. Kurnianingsih (Politeknik Negeri Semarang); dan S. Indarjani (Politeknik Siber dan Sandi Negara).

Sederet ilmuwan dan peneliti terbaik dunia yang hadir dalam sesi plenary speech diantaranya Prof. Toshio Fukuda (Meijo University/President IEEE-lembaga profesi teknis terbesar di dunia); Prof. Anil K. Jain, (Michigan State University/Ilmuwan dengan h-index tertinggi (190) di dunia dalam bidang ilmu komputer); Prof. Kukjin Chun (Seoul National University/Vice President IEEE); dan Prof. Akinori Nishihara (Tokyo Institute of Technology/Director IEEE Region 10 – Asia Pacific).

Sesi plenary speech ini dapat disaksikan secara langsung pada kanal YouTube Fasilkom UI (https://www.youtube.com/c/FasilkomUIOfficial/).

Pada ICACSIS, Prof. Lance Fung (Murdoch University/IEEE R10 Educational Activities Committee Chair); Prof. Yves Lepage (Waseda University), Dr. Henrik Skibbe (Riken Center for Brain Science), dan Prof. Wisnu Jatmiko (UI).
Sementara, Keynote speakers di ajang IWBIS yaitu, Dr. Hammam Riza (Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), Prof. Zainal Arifin Hasibuan (Ketua Umum APTIKOM), Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian (Rektor Universitas Pertahanan), dan Beno K. Pradekso (CEO Solusi247).

Dua konferensi ini juga didukung oleh Kantor Pengelolaan Produk Riset dan Inovasi UI, Universitas Pertahanan (co-host ICACSIS), Politeknik Siber dan Sandi Negara (co-host IWBIS), dan IEEE Indonesia Section (technical support).

Pada kesempatan yang sama, turut dilaksanakan secara daring kegiatan Student Congress dan IEEE Celebration Day (18/10) dalam rangka 2020 Outstanding Section Membership Recruitment Performance yang diraih oleh IEEE Indonesia Section. Kegiatan ini juga menghadirkan IEEE President, Vice President serta para tokoh IEEE luar negeri lainnya, seperti Deepak Mathur (IEEE R10 Director Elect).@licom