LENSAINDONESIA.COM: Mengantisipasi aksi rusuh saat mengamankan jalannya demontrasi menolak Omnibus Law, di depan gedung Grahadi Jl Gubernur Suryo, Selasa (20/10/2020), Polrestabes Surabaya mengambil langkah-langkah humanis.

Sejumlah Polwan sibuk membagikan masker ke peserta aksi yang melakukan long march. Ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 mengingat Surabaya masih zona orange menghadapi pandemi Corona. Sedangkan anggota lain nampak membagikan air mineral.

Pembagian masker dan air mineral ini mendapat respon positif dari massa aksi sehingga berjalan tertib.

Wakapolrestabes AKBP Hartoyo membaur di tengah peserta demo (rofik)

Bahkan Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo yang sebelumnya ikut membagikan air mineral, terlihat langsung bergabung duduk di tengah massa demonstran.

Spontan sejumlah mahasiswa dan buruh langsung memberi sambutan hangat dengan ramai-ramai berfoto bareng. “Ayo rek, minum dulu biar gak haus,” ujar AKBP Hartoyo saat membagikan air mineral.

AKBP Hartoyo juga menyatakan, bahwa massa demonstran dari kelompok mahasiswa dan buruh yang menyampaikan aspirasinya merupakan generasi bangsa. “Adik-adik ini penerus bangsa. Silakan sampaikan aspirasi,” tambahnya.

Selain membagikan masker dan air mineral, polisi juga membentangkan poster imbauan agar tertib dalam menyampaikan aspirasi sesuai ketentuan hukum. @rofik