LENSAINDONESIA.COM: Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mendorong Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang segera membuat Kampung Tangguh COVID-19 di setiap RW.

Dorongan tersebut disampaikan Sofyan Edi saat menyerahkan penghargaan untuk Kelurahan Penanggungan, selaku  juara Kelurahan Tangguh Bencana Jatim pada Senin (19/10/2020).

Menurut dia, penghargaan tersebut merupakan bukti bahwa masyarakat, pemerintah dan para stakeholder sudah memiliki tingkat kesadaran yang tinggi. Terutama yang terkait masalah-masalah kebencanaan terutama di masa pandemi COVID-19 ini.

Berkat kesadaran semua pihak itu, kata Sofyan Edi, Kota Malang kini sudah memasuki zona orange COVID-19. Ia berharap BPBD bisa menambah Kampung Tangguh bencana di tiap RW. Sehingga wabah COVID-19 bisa segera teratasi.

Kepala BPBD Kota Malang, Ali Mulyanto merespon positif harapan tersebut. Menurut dia, untuk Kota Malang ada target minimal tiap kelurahan satu Kampung Tangguh Tangguh bencana.

Untuk BPBD menargetkan bisa membangun dan mengembangkan 99 Kampung Tangguh.

Saat ini kata dia yang dibangun Polri sebanyak 29 Kampung Tangguh. Yang dibentuk  TNI sebanyak 13 Kampung Tangguh.

“Sedangkan yang sudah terdaftar di BPBD sebanyak 40 kampung. Jadi  masih kurang 17 lagi,” papar mantan Kabag Humas Pemkot Malang itu.

Ali Mulyanto sangat optimistis target tersebut bisa segera terealisasi. Alasannya  tingkat kesadaran masyarakat untuk mengatasi bencana seperti wabah COVID-19 sangat tinggi.

Kesadaran itu, menurut mantan Kabag Pemerintahan Pemkot Malang ini bakal berpengaruh terhadap pencegahan penularan virus Corona tersebut. Sebab, masyarakat akan selalu saling mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Karena itu dia juga berharap Kampung Tangguh COVID-19 bisa dibentuk di tiap RW. Sehingga, ketika ada bencana bisa segera diatasi secara bersama-sama.@aji

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitanganpakaisabun