LENSAINDONESIA.COM: Relawan pemulasaran jenazah positif COVID-19 di Kota Batu boleh merasa lega. Sebab, Pemkot Batu bakal memberikan  honor Rp750 ribu per orang.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu, Ririk Mashuri menyampaikan, sesuai program, honor tersebut mulai dicairkan setelah Perubahan Anggaran Keuangan (PAK)  2020 ini.

“Mereka diberi honor karena resiko tertular virus COVID-19 sangat besar,” katanya,  Selasa ( 20/10/2020).

Saat ini di Kota Batu ada sebanyak 30 orang relawan pemulasaran jenazah COVID-19.

Menurut Ririk, relawan yang diberi honor tersebut merupakan tim yang memiliki tugas beragam. Seperti penggali kubur, pengangkat jenazah hingga mudin pembaca doa.

Mereka melaksanakan tugas pemulasaran jenazah setelah ada permintaan dari rumah sakit, Polsek, atau dari Rumah Sakit (RS) serta ada atau masyarakat. Yang pasti, jenazah yang dimakamkan  meninggal karena positif COVID-19.

Kata Ririk, sesuai instruksi dari Sekkota Batu, pemulasaraannya mesti dilakukan sejak di RS mulai pembungkusan, memandikan dan sebagainya adalah tugas Dinsos.

“Jadi sejak dari pintu RS sampai ke liang kubur ditugaskan kepada kami (Dinsos), meski di lain daerah masuk  tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” jelasnya.

Sedangkan soal mekanisme pembayaran honor diberikan setelah pemulasaran jenazah selesai. Untuk pengambilan honor, relawan harus menunjukkan foto pasien meninggal. Kemudian ada laporan dari Polsek setempat dan rumah sakit.

Selain itu, juga harus menyertakan keterangan dari Mudin dan anggotanya yang  satu tim. Itu meliputi petugas PMI, Tagana dan sukarelawan lainnya,

“Pemberian honor itu per kegiatan. Setiap relawan mendapat honor pemulasaran itu Rp750 ribu. Kalau persyaratannya lengkap ya langsung kami ajukan,” jelas dia.

Ririk mengakui bahwa saat ini ada relawan yang belum menerima honor 12 kegiatan pemulasaran. Sebab pencairan honor tersebut masih menunggu PAK (Perubahan Anggaran Keuangan).

“Totalnya sekitar Rp390 juta. Itu masih menunggu SK Wali Kota. Semoga akhir bulan ini sudah tuntas,” pungkasnya.@aji

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitanganpakaisabun