LENSAINDONESIA.COM: Tepat tanggal 22 Oktober adalah peringatan Hari Santri Nasional. Momentum tersebut diharapkan menjadi pemantik perubahan lebih baik di tengah pandemi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengucapkan selamat pada Hari Hari Santri Nasional. Dia berharap para santri menjadi contoh dan garda depan edukasi masyarakat dalam penanganan Covid-19.

“Peringatan Hari Santri bersama dengan terjadinya wabah pandemi Covid-19. Insya Allah Santri menjadi garda terdepan dalam ikut memerangi Covid-19,” ujar Anies Baswedan dikutip melalui channel YouTube Pemprov DKI, Kamis (22/10/2020).

Menurut Anies, santri di Indonesia diyakini mampu memberi teladan dalam penerapan protokol kesehatan sebagai upaya bersama untuk mencegah penularan Covid-19.

“Melaksanakan kedisiplinan, memakai masker, mencuci tangan menjaga jarak. Insya Allah kontribusi santri bagi bangsa ini makin hari makin besar,” tuturnya.

Anies menilik kebalakang perjalanan santri yang banyak andil memberi kontribusi kemajuan bangsa. Santri tidak lepas dari pembangunan dan sejarah Indonesia hingga saat ini. Kehadirannya turut membantu dalam menghadapi tantangan dan menjadi bagian dari sejarah Indonesia.

“Semoga peringatan ini benar-benar menjadi pengingat, menjadi refleksi pada seluruh bangsa seluruh negara akan kontribusi santri bagi Republik Indonesia,” terang Anies.

“Terbukti dalam perjalanan panjang sejarah kita di mana para santri hadir dalam setiap tantangan yang dihadapi bangsa,” imbuhnya.

Menurut Anies, santri adalah bagian komponen penting dan pilar Indonesia meraih kemerdekaan, terutama saat menghadapi kolonialisme. Semangat santri harus terus dikobarkan bagi kemajuan Indonesia.

“Kami berharap peran Santri terus makin ditingkatkan dan kita semua mengharapkan kehadirannya dengan ilmunya. Dengan keteladanannya dengan akhlak bisa menjadi contoh bagi masyarakat di Indonesia,” pungkasnya.

Diketahui, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 sebagai Hari Santri Nasional.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun