LENSAINDONESIA.COM: Wali Kota Malang Sutiaji meminta masyarakat tertib menerapkan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) selama masa libur panjang pekan depan.

Menurut Sutiaji, libur Maulid Nabi pada Kamis 29 Oktober yang kemudian disusul libur kerja Sabtu dan Minggu bisa menjadi transmisi lokal penyebaran COVID-19. Sebab pada massa libur ini dipastikan bayak orang hilir mudik ke Kota Malang.

“Itu menyebabkan liburan agak panjang.  Kita berharap masyarakat ikut andil mensosialisasikan 3M selama liburan panjang itu.  Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Itu demi menekan lonjakan jumlah pasien positif COVID-19, ” kata Sutiaji, Kamis (22/10/2020).

Amanat menekan kasus COVID-19 ini, lanjut Sutiaji, juga ditekankan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat rapat koordinasi dengan para kepala daerah. Kota Malang diminta agar tidak terlena dengan  zona orange. Termasuk ketika libur panjang mulai 28 Oktober nanti.

Sutiaji tidak ingin libur panjang tersebut justru menjadi transmisi lokal penyebaran COVID-19. Khususnya di wilayah Kota Malang. Itu mengingat, Malang Raya merupakan kawasan wisata. Pada masa liburan banyak orang yang berwisata ke Malang dan Kota Batu.

Untuk itu, Sutiaji, meminta semua pihak waspada selama masa liburan nanti. Dia tak ingin ada transmisi lokal dengan membludaknya jumlah wisatawan yang berkunjung.

Apalagi, kuliner di Kota Malang menjadi tujuan wisata tersendiri.

Saat ini Pemkot Malang sudah memberi masukan kepada seluruh pengelola hotel untuk meminimalisir transmisi lokal melalui barang atau makanan.

Menurut Sutiaji, dengan menyediakan makanan dan minuman, maka akan mengurangi aktivitas wisatawan keluar dari hotel.

Pemkot malang juga mewaspadai transmisi melalui barang. Sehingga zona oranye  bisa terus membaik menjadi hijau.

Karena itu, dia mendorong seluruh komponen masyarakat agar terus waspada.

“Itu dengan cara mensosialisasikan penerapan 3M terutama saat liburan panjang,” pungkasnya.@aji

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitanganpakaisabun