LENSAINDONESIA.COM: Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDI Perjuangan Surabaya hingga hari ini telah melatih 7.000 saksi dari 12 Kecamatan untuk pemenangan pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota nomor urut 1, Eri Cahyadi-Armuji.

Pelatihan saksi Eri-Armuji yang dimulai 18 hingga 26 Oktober 2020 ini melibatkan saksi bertugas di 5.184 TPS hingga penghitungan suara di seluruh Surabaya.

Kata Kepala BSPN PDI Perjuangan Kota Surabaya Purwadi mengatakan, pelatihan saksi TPS ini merupakan salah satu bentuk konsolidasi partai untuk pemenangan Eri-Armuji.

“Pelatihan saksi salah adalah satu bentuk konsolidasi partai. Mereka tidak hanya terlatih sebagai saksi, tapi juga sebagai regu penggerak pemilih di masing-masing TPS,” kata Purwadi kepada lensaindonesia.com, Jumat (23/10/2020).

Dalam pelatihan, para saksi diajarkan bagaimana memantu, mengawal suara, dan mencatat kecurangan secara dini. Selain itu, lanjut Purwadi, saksi-saksi juga dilatih melakukan pemetaan terhadap pemilih di masing-masing TPS.

“Selain manual, setiap BSPN bisa mendeteksi dini setiap kecurangan dimasing-masing TPS secara dini melalui kamar hitung yang menggunakan teknologi digital,” jelas Wakil Ketua Bidang organisasi dan Keanggotaan DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya ini.

Dalam seminggu kedapan, kata Purwadi, BSPN Surabaya masih akan melatih 8.000 saksi lagi.@LI-13