LENSAINDONESIA.COM: Aparat kepolisian dari Polsek Sukun, Polresta Malang Kota (Makota) menggelar operasi yustisi protokol kesehatan (Prokes) COVID-19.

Operasi yang digelar di depan Pasar Gadang dan Pasar Sukun itu cukup unik.

Itu karena polisi tidak hanya memberikan punishment atau sanksi pada pelanggar Prokes. Namun juga memberikan reward (hadiah) pada warga yang menggunakan masker secara benar.

Mereka yang memakai masker secara benar diberi hadiah berupa parfum, hand sanitizer dan masker.

“Itu sebagai hadiah bagi mereka yang mematuhi Prokes,” tutur Kapolsek Sukun, Kompol Suyoto, di sela operasi, Kamis (22/10/2020).

Menurit dia, bagi yang melanggar Prokes seperti tidak pakai masker atau pakai masker tapi tidak benar diberi sanksi atau hukuman. Sanksi itu menyanyi lagu kebangsaan.

“Kalau tidak hafal,  harus mengucap janji selalu memakai masker saat keluar rumah.  Sanksinya seperti itu biar mereka tak melanggar Prokes lagi,” tegasnya.

Operasi yustisi tersebut dilakukan bersama Muspika Kecamatan Sukun. Para petugas gabungan bersama-sama memeriksa setiap pengguna jalan yang melintas di depan pasar.

Suyoto menyampaikan, kegiatan operasi prokes ini merupakan implementasi dari Inpres nomor 6/2020. Tujuannya untuk menekan penyebaran COVID-19, khususnya di Kecamatan Sukun.

“Harapannya agar masyarakat mematuhi Prokes. Sehingga wabah COVID-19 bisa segera terkendalikan,” tutur dia.@aji

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitanganpakaisabun