LENSAINDONESIA.COM: Permata Bank Syariah terus berinovasi memberikan layanan perbankan syariah yang lebih relevan dan terjangkau kepada masyarakat dalam bertransaksi perbankan.

Inovasi tersebut diantaranya membuka kantor cabang pertama di Universitas Al-Azhar, Jakarta dengan konsep kantor cabang perbankan syariah pertama di Indonesia.

Herwin Bustaman, Direktur PermataBank Syariah, mengatakan cabang baru ini dibuat dengan konsep dan tampilan yang modern serta menghadirkan pelayanan perbankan offline (dengan bantuan staf) dan online (self-service) yang konsisten didukung dengan berbagai fasilitas yang telah terdigitalisasi.

Menurutnya, nasabah yang datang ke cabang baru ini akan dibantu oleh para staf, dengan mengedepankan protokol kesehatan yang telah menjadi kebiasaan baru di masa pandemi ini, namun semua transaksi mereka diselesaikan secara digital dengan desain dan pengalaman yang konsisten seperti di semua channel online PermataBank lainnya.

“Inilah yang membedakan model branch PermataBank Syariah dari cabang digital bank pada umumnya. Disini nasabah dapat merasakan kecepatan inovasi digital yang seamless tanpa menghilangkan kenyamanan berinteraksi dengan staf Customer Service jika diperlukan,” ujar Herwin dalam webinar zoom di Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Ia memaparkan, peluncuran model branch ini juga sejalan dengan pertumbuhan kebutuhan perbankan syariah di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Ini dibuktikan dengan pertumbuhan aset Syariah sejak bulan Juli 2019 hingga bulan Juli 2020 sebesar 10%. Angka ini lebih besar dibanding pertumbuhan perbankan konvensional sebesar 5.7%.

“Laba kami masih tumbuh sebesar 2% dimana perbankan konvensional terjadi kontraksi sebesar 19% pada periode yang sama. Fenomena ini dirasakan juga oleh PermataBank Syariah yang mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar 226 miliar pada bulan Juni 2020 yang tumbuh hampir 52% dibandingkan bulan Juni 2019. Oleh sebab itu, kami berkomitmen untuk terus melakukan inovasi demi menghadirkan pelayanan perbankan Syariah yang lebih terpercaya dan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia,” kata Herwin.

Sementara itu, Sobirin selaku Ketua Umum YPI Al-Azhar menyampaikan pihaknya menyambut dengan hangat kehadiran branch terbaru dari PermataBank Syariah di kompleks Al-Azhar. Konsep modern yang di usung membuat pengalaman perbankan syariah secara digital dapat dirasakan dengan langsung.

“Saya berharap kehadiran branch ini akan membantu kebutuhan perbankan bagi komunitas Al-Azhar dan juga masyarakat sekitar,” ungkap Sobirin.

Hadirnya Model Branch PermataBank Syariah pertama di Indonesia memperlihatkan komitmen PermataBank untuk selalu memberikan inovasi terbaru kepada nasabah di layanan perbankan secara holistik yang costumer centric serta beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Model Branch terkoneksi langsung dengan seluruh layanan digital yang dimiliki oleh PermataBank yaitu super apps PermataMobile X, API Banking, PermataNet, Permata e-bisnis, guna menyediakan berbagai fasilitas perbankan digital yang lengkap, aman, dan terpercaya.

Dipilihnya lokasi model branch PermataBank Syariah di Univeritas Al-Azhar bertujuan untuk meningkatkan penetrasi perbankan Syariah di dunia pendidikan. Hal ini juga merupakan bagian dari kerja sama strategis antara PermataBank dan Yayasan Al-Ahzar Indonesia yang diresmikan beberapa waktu yang lalu untuk mengoptimalkan layanan perbankan syariah bagi dunia pendidikan.@Rudi