LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ikut merayakan Hari Santri Nasional Tahun 2020 bersawa Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim.

Karena masih dalam suasana pandemi COVID-19, perayaan Hari Santri Nasional tahun ini digelar secara sederhana dan terbatas untuk mengikuti protokol kesehatan.

Khofifah terus mendukung upaya perjuangan para santri Nahdlatul Ulama (NU).

Salah satu dukungan nyata yang diberikan oleh orang nomor satu di Jatim ini dengan memberikan akses untuk paket program ekonomi yang diluncurkan PWNU Jatim. Yakni terhubung langsung dengan Bank Indonesia (BI) serta bantuan khusus dari pemprov hingga pemkab/pemkot yang akan diberlakukan pada 2021 mendatang.

Program itu diyakini bisa langsung menyentuh dan menggerakkan roda perekonomian warga, melalui simpul kepengurusan NU di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa maupun melalui komunitas pesantren, sekolah ma’arif dan segmen komunitas di akar rumput jamaah NU.

“Perayaan Hari Santri sekarang ini sangat berseiring dengan susasa pandemi COVID-19. Program efektif yang dimiliki PWNU di bidang ekonomi nyambung dengan Pemprov, ini tentu akan menjadi penguatan dakwah bilmal bagi kita semua,” ujar Gubernur Khofifah di Kantor PWNU Jatim, Jumat (23/10/2020) malam.

Sejumlah program ekonomi itu di antaranya bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI), khususnya melibatkan para pelaku UMKM yang terdampak COVID-19.

“Kami ingin menghadirkan penguatan ekonomi keumatan mudah-mudahan bisa memberikan suntikan dan energi bagi enonomi masyarakat terutama pelaku UMKM yang memang mengalami pelemasan ekonomi akibat COVID-19,” mantan Menteri Sosial ini.

Pihaknya mengajak semua pihak untuk ikut berinovasi dan berkolaborasi agar bisa terus bertahan meski di tengah pandemi COVID-19.

“Saya menyebut ini Hari Santri penuh inovasi dan bangunan sinergi kolaborasi, Insya Allah semua berseiring karena ini akan bisa meneruskan perjuangan Nahdlatul Ulama,” pungkasnya.

Dalam acara ini, PWNU Jatim juga melaunching Kios Warnu atau Warung Warga NU dan Aplikasi Muslim NUKU.@sarifa