LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai melakukan pendataan calon penerima vaksin COVID-19.

Dalam melakukan pendataan ini, Dinkes berkerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dspendukcapil) Kota Batu.

“Vaksin COVID-19 itu akan didistribusikan sekitar Maret 2021.

Jadi pendataan terhadap calon penerima harus dilakukan mulai sekarang,” kata Kepala Dinkes Kota Batu drg Kartika Trisulandari, Minggu (25/10/2020).

Kartika menyampaikan, ada beeberapa skala prioritas untuk calon penerima vaksin COVID-19. Sesuai skala prioritas penerima itu meliputi petugas medis, orang dengan risiko tinggi, TNI/Polri, tokoh masyarakat atau agama, tenaga pendidik, ASN kemudian  masyarakat umum.

Kendati demikian, Kartika mengaku belum tahu pasti berapa kuota penerima vaksin di Kota Batu. Dia berharap, setidaknya 80 persen warga Kota Batu bisa mendapatkan vaksin COVID-19 itu. Mereka yang mendapatkan kuota vaksi itu berusia sekitar 15-59 tahun.

“Syukur-syukur semua warga Kota Batu bisa dapat jatah vaksin itu,” berharapnya.

Kartika menyampaikan, pihaknya akan mengajukan anggaran dari APBD Kota Batu sekitar 2,9 miliar untuk pelaksanaan vaksinasi ini.

Pengajuan dana dari APBD ini dilakukan karena fasilitas vaksinasi tersebut harus disediakan pemerintah daerah. Sedangkan pemerintah pusat hanya mengcover anggaran pengadaan vaksin.

“Vaksinasi nanti gratis. Masyarakat tak dipungut biaya, karena ditanggung negara,” katanya.

Anggaran Rp 2,9 miliar tersebut, lanjut Kartika, nantinya akan digunakan untuk pengadaan jarum suntik, alat pelindung diri (APD) dan lain-lain. “Sekarang (pengajuan anggaran) masih dibahas di dewan (DPRD),” ungkapnya.

Sembari menunggu pelaksanaan vaksinasi, guna mencegah persebaran virus COVID-19, Kartika mengimbau masyarakat Kota Batu disiplin menerapkan protokol kesehatan, yakni sering cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak.@aji 

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitanganpakaisabun