Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Begini Operasi Zebra tahun ini digelar di masa pandemi Covid-19
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (foto: istimewa)
DKI

Begini Operasi Zebra tahun ini digelar di masa pandemi Covid-19 

LENSAINDONESIA.COM: Kepolisian Republik Indonesia mulai hari ini, Senin (26/10) menggelar operasi zebra di seluruh daerah di Indonesia. Namun, operasi kali ini agak berbeda dengan giat operasi sebelumnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, menyampaikan, dalam operasi zebra kali ini tidak dilakukan di suatu tempat saja, melainkan petugas akan berkeliling pada suatu titik area yang telah ditentukan. Jika didapati pelanggar lalu lintas akan dilakukan tindakan. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya kerumunan di masa pandemi Covid-19.

“Kami sifatnya hunting, contoh hari ini satu jam di Pasar Rumput, pindah lagi satu jam ke di Panjaitan, artinya ada tim yang motoris pakai kendaraan patroli mutar ketika ada pelanggar dilakukan penindakan. Ini untuk menghindari kerumunan,” ujar Sambodo, Senin (26/10/2020).

Diketahui, operasi zebra digelar mulai hari ini hingga 14 hari ke depan.

Sambodo melanjutkan, dalam operasi zebra ini kepolisian juga melibatkan Pom TNI dan Satpol PP serta Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Untuk jumlah anggota yang berkeliling juga dibatasi maksimal 10 orang. Hal ini dilakukan sebagai tugas terpadu.

“Sehingga ketika menemukan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan masyarakat umum yang menindak polisi, ketika menemukan pelanggar lalu lintas atau protokol kesehatan dari TNI maka ada Pom TNI, ketika ada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan ada Satpol PP dan Dishub yang melakukan penindakan,” terangnya.

Dalam operasi zebra, kata Sambodo, ada lima jenis pelanggaran yang menjadi prioritas utama. Kelima prioritas tersebut antara lain, yaitu, melawan arus, tidak memakai helm, pelanggaran terhadap stop line, pelanggaran sirene dan rotator, melintas bahu jalan khususnya jalan tol.

Harapanya, kegiatan ini membawa dampak positif dalam perubahan perilaku dan meningkatkan perilaku budaya tertib lalu lintas di Jakarta.

“Ini adalah lima pelanggaran tematik yang menjadi prioritas utama untuk Operasi Zebra 2020 di Polda Metro Jaya,” pungkas Sambodo.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun