LENSAINDONESIA.COM: Perwakilan buruh yang berunjukrasa menolak Undang-Undang Omnibus Law melakukan audiensi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Juru Bicara Serikat Pekerja dan Serikat Buruh, Jazuli mengatakan, dalam audiensi tersebut ia diterima oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Heru Tjahjono mewakili Gubernur Khofifah Indar Parwansa.

Jazuli mengungkapkan, hasil audiensi para buruh disarankan mengajukan gugatan melalui jalur hukum.

“Pemerintah yang meminta masyarakat, daripada melakukan demonstrasi lebih baik mengajukan (gugatan) pada Mahkamah Konstitusi,” terangnya setelah menggelar audiensi, Selasa (27/10/2020).

Karena tak puas dengan hasil audiensi, Jazuli menyatakan, pihaknya akan tetap menggelar demonstrasi serupa di kemudian hari, jika tuntutan buruh tidak segera dipenuhi.

“Mereka tahu kesulitan dan keinginan kita semua. Bila tidak dipenuhi, kami sudah katakan kalau aksi akan terus dilakukan,” tegasnya.

Para buruh menganggap, jika Pemprov Jatim tidak mau berdialog dengan para demonstran yang sejak siang telah berkumpul di depan Kantor Gubernur Jatim.

“Gubernur tidak ada. Ini adalah perlawanan sipil yang dilakukan, karena pemerintah sampai saat ini tidak mau berdialog,” paparnya.

Sementara itu, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono sempat menemui para buruh yang berunjuk rasa di halaman kantor gubernur.

Heru Tjahjono pun naik ke mobil komando polisi untuk menyampaikan hasil audiensi. Namun, buruh dengan kompak menolak.

“Kalau tidak Gubernur yang bicara, kita tidak dengar. Turun!!! Turun!!! Turun!!!,” Seru seluruh buruh.

Setelah Heru turun dari atas mobil komando polisi, tensi demonstran sempat sedikit memanas lantaran ia tidak ditemui oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Jhony Edison Isir, sempat memberikan imbauan kepada para demonstran supaya tidak terprovokasi oleh oknum yang ingin berbuat rusuh.

“Teman-teman buruh, mari kita saling jaga. Jangan ada yang terprovokasi. Mari jaga kondusifitas. Hidup buruh, hidup pekerja,” imbaunya.@wendy