LENSAINDONESIA.COM: Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengingatkan para Pemuda Indonesia akan pentingnya perbedaan. Menurutnya adanya sebuah perbedaan dan keberagaman membuat Indonesia terlihat lebih Indah dan menarik.

Risma meminta agar para pemuda menerima keberagaman apa yang telah tuhan ciptakan yang disatukan di bawah panji merah putih. Dengan berbeda Indonesia akan semakin kaya akan tradisi dan budaya. Oleh karenanya dirinya tak ingin ada pihak tertentu yang memaksakan agar pihak yang lain sama dengan pihaknya. Baik secara pemikiran maupun berpenampilan.

Risma bersyukur suku bangsa yang beragam yang berada di Surabaya hidup dengan rukun dan damai. “Karena itu jangan memaksakan siapa pun untuk menjadi seperti kita. Tapi buatlah mereka menjadi kita bersatu, dengan segala perbedaan. Karena dengan berbeda kita akan semakin kaya. Saya bersyukur pemuda di Surabaya bisa diajak berdamai,” ujarnya.

Risma turut meminta agar para pemuda berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara. Baik melalui pemikiran-pemikirannya lewat saran maupun terjun secara langsung dalam memajukan bangsa. Karena menurutnya, Indonesia memiliki potensi untuk bisa sejajar dengan bangsa-bangsa maju di dunia. Namun, yang paling penting saat ini adalah berjuang bersama melawan kemiskinan dan tidak terpecah belah.

“Itu yang paling penting untuk kita lakukan sekarang. Jangan pernah kita mundur kembali dengan memecah belah negara ini. Sudah terbukti dengan kita terpecah belah kita dijajah ratusan tahun,” ungkapnya.

Risma berharap dengan momentum Sumpah Pemuda ini untuk dapat mempererat persaudaraan antar anak bangsa. Selain itu Risma berharap pemuda Indonesia dapat mentoptimalkan potensi yang mereka miliki agar Indonesia dapat semakin maju.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda. Semoga ke depan terus semakin maju,” harapnya.@budi