LENSAINDONESIA.COM: Berbagi dan peduli kemanusiaan inilah yang mendasari gerakan organisasi Pemuda Ka’bah di Kabupaten Jombang, melakukan kegiatan sosial kemanusiaan.

Memperingati Maulid Nabi Muhammad Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) bersama Ormas Projo dan FRMJ (Forum Rembug Masyarakat Jombang) membagikan masker dan vitamin C kepada pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan dr Soetomo.

Sebanyak 1000 masker dan 1000 vitamin C di bagikan ke PKL, serta warga pengguna kendaraan roda dua dan roda empat yang melintas di Jalan dr Soetomo.

Di momentum peringatan Maulid dan adanya pandemi ini, maka dilakukan upaya sosialisasi tentang pentingnya menerapkan 3 M atau Protokol Kesehatan (Prokes) dalam segala aktifitas untuk mencegah penyebaran Covid 19.

“Inisiatif ini agar semua PKL dan masyarakat pada umumnya etap mematuhi protokol kesehatan. Meski, tidak banyak dan hanya beberapa saja yang tak memakai masker, kami tetap membagikannya meskipun PKL telah menggunakan masker karena sebagai ganti untuk cadangan masker mereka,” jelas Mujtahidur Ridho kepada lensaindonesia.com, Jumat (30/10/2020).

Lebih lanjut, Gus Edo panggilan akrab Ketua GPK Jombang ini menambahkan bahwa kegiatan bakti sosial ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Jombang, yakni dengan memberikan vitamin dan masker sebanyak 1000 helai kepada PKL dan warga yang melintas di jalan dr Soetomo tepatnya di depan Kantor Kecamatan Jombang.

“Aksi ini ditujukan untuk PKL yang sehari-harinya masih harus tetap berjualan di tengah pandemi,” imbuhnya.

Selain memberikan masker dan vitamin, Gus Edo mengungkapkan jika aksi ini berjalan terus dan digelorakan mengingat pandemi masih belum berakhir.

“Sehingga kami pun mengkampanyekan imbauan protokol kesehatan yang di maksud adalah 3M memakai masker, mencuci tangan dan mejaga jarak. Wajib menjaga jarak, pakai masker, cuci tangan, dan menghindari kerumunan,” ujarnya.

Tak hanya itu, seluruh kader GPK di Kabupaten Jombang juga telah di instruksikan untuk menggalakkan kegiatan sosial lainnya seperti melakukan kegiatan bersih lingkungan maupun tempat ibadah sebagai pengabdian sosial yang tetap berpedoman pada imbauan pemerintah tentang penerapan protokol kesehatan.

“Tetap patuhi prokes 3 M, pandemi masih terus meski informasi tentang adanya covid berkurang, kita tetap waspada dan melindungi diri,” tutur Gus Edo.

Selain kegiatan berbagi vitamin c dan masker, GPK Jombang juga mendengarkan keluh kesah pedagang yang berjualan tentang kondisi ekonomi ditengah pandemi. Gus Edo berharap pedagang tetap sabar dan terus semangat berjualan mengais rezeki, meski sedikit berkurang tidak seperti biasanya.

“Tetap ikhtiar dan berdoa, semoga rezeki PKL terus mengalir. Sabar adalah kuncinya,” pungkas Gus Edo.@Obi

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun