LENSAINDONESIA.COM: PDAM Giri Tirta Gresik bakal mendapat pasokan air bersih 1000 liter/detik dari SPAM Umbulan Pasuruan, Jawa Timur. Ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang tiap tahun jumlahnya terus meningkat.

Menurut Dirut PDAM  Giri Tirta Gresik, Siti Aminatus Zariyah,  jumlah pelanggan PDAM Gresik saat ini mencapai 105 ribu. Meningkat dibanding dua tahun lalu  yang hanya 95 ribu. “Kami akan terus berupaya  meningkatkan jumlah pelanggan serta meningkatkan kualitas layanan. Insha Allah ke depan akan lebih banyak lagi,” katanya.

Menurutnya, pasokan air 1000 liter/detik dari Umbulan itu prosesnya bertahap selama tiga tahun. Pada  2023 nanti 1000 liter/detik itu sudah terpenuhi. Air dari Umbulan itu nantinya mencukupi kebutuhan pelanggan wilayah perkotaan hingga Kecamatan Duduk Sampeyan. Untuk kebutuhan air wilayah Gresik Utara dicukupi dari Bendung Gerak Sembayat (BGS). Sedangkan Gresik Selatan, selama ini mendapat pasokan PT Dewata Bangun Tirta dan PT Drupadi.

Untuk menampung dan membagi air dari Umbulan itu, PDAM Giri Tirta sudah membangun tandon di Reservoir Giri I di areal Bukit Cempo Giri.

“Tandon reservoir yang dibiayai APBN itu sudah siap digunakan. Saat ini tengah dalam tahap uji rendam. Kalau sudah usai tahap uji rendam, pasokan air dari Umbulan bisa lebih dioptimalkan,” papar Siti Aminatus Zariyah.

Terkait air keruh yang belakangan ini disoal pelanggan, PDAM Giri Tirta berjanji segera lalukan perbaikan. Pihaknya berdalih keruhnya air dikarenakan tingkat kejernihan air di Reservoir Giri I memang masih diangka 19 NTU. Saat ini sudah mencapai 10 NTU.

Sementara itu, Direktur Teknik PT Meta Adhya Tirta Umbulan, Yasmin Adirahim mengklaim menjamin air produksinya terbaik di Indonesia. Hal ini sesuai uji mutu yang dilakukan setiap periode. Saat ini tingkat kekeruhan air Umbulan hanya 0,1 NTU. Padahal rekomendasinya 5 NTU. “Banyak para tamu asing yang datang dan membuktikan sendiri bahwa air Umbulan terbaik di dunia. Bahkan beberapa orang meyakini mandi dan mengkonsumsi air Umbulan bisa bikin awet muda,” pungkasnya. @kik