LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seniman dan budayawan tak berhenti berkarya atau berkreatibitas, menggali kearifan lokal di tengah pandemi COVID-19.

Jokowi menyampaikan, keterlibatan seluruh elemen dibutuhkan memperkuat bangsa dalam menghadapi bencana COVID-19, tentunya tetap taat protokol kesehatan.

“Mari kita terus berkarya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Jokowi dalam video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (31/10/2020).

Jokowi mengajak masyarakat, terutama seniman dan budayawan, menggali kearifan lokal yang ditinggalkan nenek moyang. Menurtutnya, selama berabad-abad pendahulu bangsa berusaha bersahabat dengan semua tantangan.

Seluruh tantangan itu dilewati dengan menjaga harmoni alam lingkungan, membangun kebudayaan, dan nilai-nilai keutamaan di atasnya. Dia mengajak masyarakat kembali menghidupkan kearifan lokal yang bermanfaat selama pandemi.

Misalnya, menggunakan jamu tradisional untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kreativitas dibutuhkan agar situasi sulit ini dapat dilalui dengan baik.

Presiden juga menyebut budayawan terus berkreasi menghibur masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi pandemi. Semuanya harus bekerja untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia dan bumi Nusantara.

“Itulah yang membuat bangsa Indonesia tangguh, menghargai perbedaan, kreatif, dan kaya budaya,” tegas Kepala Negara sekaligus membuka rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional (PKN).@LI-13

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun