LENSAINDONESIA.COM: Polairud Polda Jatim menggelar Bhakti Sosial dan melakukan cek kesehatan gratis bagi masyarakat dan nelayan di pesisir kampung Sukolilo, Surabaya Selasa (10/11/2020).

Acara ini digelar sebagai bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19, sekaligus merayakan hari jadi Polairud Polda Jatim ke-7.

Sebelum menggelar Bhakti Sosial, perwakilan nelayan diajak mengikuti upacara secara virtual yang dipimpin Wadir Polairud AKBP Mustofa. Momen itu dimanfaatkan untuk memberikan edukasi pentingnya menerapkan 3M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, memakai masker).

“Protokol kesehatan harus selalu diutamakan saat bekerja. Jadi penting sekali kita menjaga kesehatan agar produktivitas perikanan bisa meningkat,” terang AKBP Mustofa kepada nelayan.

Lebih lanjut AKBP Mustofa menjelaskan, Polairud juga memberikan bantuan kepada ini warga pesisir yang terdampak Covid-19. Apalagi, selama pandemi, dampak langsungnya adalah nelayan kesulitan menjual hasil tangkapan.

“Selain pandemi Covid-19, saat ini sedang musim pancaroba sehingga banyak masyarakat yang mengalami ganguan kesehatan. Karena alasan itulah Polairud Polda Jatim juga menggelar tes kesehatan bagi warga,” pungkasnya.

Selain menggelar Bhaksos di pesisir Surabaya, Polairud Polda Jatim juga melakukan aksi sosial di pesisir Kabupaten Bangkalan dan Sidoarjo. Yakni mendirikan perpustakaan dan sambungan internet untuk anak sekolah yang terpaksa belajar di rumah saat pandemi Covid-19. @rofik