LENSAINDONESIA.COM: Gumpalan awan raksasa mirip sosok Semar muncul di puncak Gunung Merapi yang kini sedang berstatus Siaga.

Awan mirip Semar tersebut terlihat pada, Kamis sore (12/11/2020) sekitar pukul 16.55 WIB.

Fenomena alam ini pun heboh di media sosial.

Foto awan menyerupai semar itu diunggah akun Instagram @merapi_uncover dengan keterangan foto ‘Awan pagi tadi, mirip siapa ya lurd. Lokasi: Sawangan magelang.’

Oleh beberapa orang, kemunculan awan menyerupai sosok Semar itu sempat dihubung-hubungkan dengan prediksi bakal terjadi bencana alam. Namun tak jarang juga warganet yang menyikapinya dengan santai dan menyebut awan itu lebih mirip Donald Trump, Casper, bahkan ada yang menyebutnya mirip dengan sosok Mbah Maridjan.

Semar sendiri merupakan salah satu tokoh dalam pewayangan dalam tradisi Jawa maupun Sunda.

Sosok Semar memiliki sifat sederhana, jujur, tulus, bijaksana, cerdas, dan berpengetahuan luas.

Karena itu Semar menjadi tokoh panutan yang disegani dan dihormati oleh para ksatria. Tokoh Semar ini dikisahkan sebagai penjelmaan dari Hyang Ismaya dan menjadi penasehat para ksatria.

Terkait kemunculan awan mirip Semar tersebut, Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Yogyakarta Sigit Hadi Prakosa mengatakan hal itu sebagai fenomena alam biasa.

“Masyarakat umum menyebut awan ini sebagai awan topi, awan tudung atau juga awan kanopi karena seolah menjadi penutup yang menyelubungi puncak gunung,” ujar Sigit.@LI-13