LENSAINDONESIA.COM: Dinas Pekerjaan Umum PU Kota Bandung bersama Dansektor 22 Satgas Citarum Harum melakukan penanaman pohon bersama-sama di Blok Garung (KanHay) Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru Kota Bandung, Kamis, (12-11-2020).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh semua staf dan pejabat struktural  dinas PU, Dansektor 22 Satgas Citarum Harum, Kepala Dinas PU Kota Bandung, Ir Didi Ruswandi, MT.

Dansektor 22 Satgas Citarum, Kolonel Inf. Eppy Gustiawan mengatakan, pihaknya mengajak semua komunitas dan lapisan masyarakat untuk sama-sama ikut menjaga dan memelihara ruang terbuka hijau ( RTH) baik hulu dan ke hilir.

Menurutnya, menjaga sekaligus memelihara ruang terbuka hijau ini sangatlah penting dilakukan.

“Jika kita tidak menjaganya, tentunya akan menyebabkan sedimentasi pada sungai- sungai yang ada dibagian hilir tentunya akan berdampak air sungai meluap dan banjir,” ucap Eppy.

“Menanam menjadi budaya masyarakat dilingkungan setempat agar ruang terbuka hijau (RTH) di hulu dan hilir tetap terjaga,” sambungnya.

Lebih lanjut Dansektor 22 Eppy menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan sekaligus merangkul sejumlah Ormas, komunitas, dan masyarakat untuk dilibatkan dalam pemeliharaan dan penanaman secara rutin bersama dinas- dinas terkait, katanya.

Selain itu, keterlibatan Sektor 22 Satgas Citarum Harum telah memelihara sebanyak 10.000 pohon. Sehingga himbauan saya kepada masyarakat agar proses penanaman ini harus dilakukan dengan perawatan dan pemeliharaannya juga.

“Mengapa demikian karena mengurus tanaman itu dari kecil hingga tumbuh besar yang tentunya sangat membutuhkan kerjasamanya dalam pemeliharaan tanaman, sehingga ini diharapkan dalam mencegah terjadinya bencana banjir, tutur Eppy.@Caca