LENSAINDONESIA.COM: Rotasi jabatan kembali terjadi di tubuh Polri melalui Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/3222/XI/KEP./2020 tanggal 16 November 2020. Kapolda Jawa Timur, Irjen Mohammad Fadil Imran kini menjabat Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Nana Sudjana.

Sedangkan posisi Kapolda Jawa Timur saat ini disandang Irjen Nico Afinta, yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Selatan.

Irjen Nico Afinta kelahiran Surabaya atau bisa dibilang Arek Suroboyo asli. Lulusan Akpol 1992 kelahiran 30 April 1971 ini punya segudang pengalaman di bidang reserse.

Menurut Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, rotasi jabatan ini merupakan hal yang wajar dalam tubuh Polri.

“Iya, mutasi jabatan adalah kebutuhan organisasi dan penyegaran personel untuk meningkatkan sumber daya manusia. Ini semata untuk peningkatan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kombes Truno di Mapolda Jatim, Senin (16/11/2020).

Diberitakan sebelumnya, rotasi jabatan ini dilatar belakangi pencopotan Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudi Sufahriadi.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Argo Yuwono menyebut, dua Kapolda yang dicopot itu dinilai tidak melaksanakan perintah menegakkan protokol kesehatan di wilayahnya.

“Ada 2 Kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan, maka diberikan sanksi berupa pencopotan yaitu Kapolda Metro Jaya kemudian Kapolda Jawa Barat,” ujar Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2020). @wendy