LENSAINDONESIA.COM: Kampanye pemutusan rantai penyebaran COVID-19 terus dilakukan oleh Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah, Surabaya dengan mengajak masyarakat untuk mengubah cara bersalaman.

Melalui pamflet yang disebar diberbagai sudut ruangan dan di luar ruangan, RS PKU Muhammadiyah mengajak masyarakt dengan tidak bersentuhan secara langsung serta meminta menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker (3M)

Humas RS PKU Muhammadiyah Surabaya Siti Chabsah S.sos mengatakan, dengan mengubah cara bersalaman dengan tidak bersentuhan langsung, sebagai upaya memutus penyebaran Pandemi COVID-19.

“Kami mengajak kepada Masyarakat agar tidak melakukan kontak langsung, semisal seperti berjabat tangan, dan selama Pandemi COVID-19 ini, bisa dilakukan dengan gerak tubuh,” ungkap Chabsah.

Kalaupun harus bersentuhan, menurut Chabsah harus dengan bagian yang tidak rawan dalam penyebaran virus.

“Busa juga salaman itu dengan melambaikan tangan, melipat tangan (Namaste) ataupun sentuhan antar kaki,” tambahnya.

Selain mengajak masyarakat merubah cara bersalaman, Chabsah juga menegaskan pihaknya terus memberikan sosialisasi kepada masyakat agar selalu menerapkan hidup sehat dengan 3M.

“Kami selalu menganjurkan kepada Masyarakat agar selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) dengan memberikan tindakan nyata dimana kami selalu menyiapkan tempat cuci tangan, Handsanitizer serta mengecek suhu masyarakat yang datang ke RS PKU Muhammadiyah. Dan kami juga membagikan masker gratis bagi keluarga pasien,” pungkasnya.@rofik