LENSAINDONESIA.COM: Memasuki musim giling tahun 2020 ini, PTPN X mengapresiasi petani tebu rakyat yang berkontribusi terhadap kesuksesan giling tahun 2020, Sabtu (21/11/2020).

Apresiasi kali ini berupa pemberian 1 unit pompa air kepada Taryono, Ketua Koperasi Petani Tebu Rakyat (KPTR) ‘Lestari’ di wilayah Desa Ketandan, Keamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk. Penyerahan pompa dilakukan langsung oleh Direktur PTPN X, Aris Toharisman.

Aris mengatakan, musim giling tahun 2020 ada banyak tantangan, diantaranya terkait pasokan Bahan Baku Tebu (BBT). Untuk menjaga stok di pabrik gula, manajemen PTPN X aktif berkoordinasi dengan petani. Dukungan petani tebu sangat penting terhadap keberlangsungan dan kesuksesan setiap musim giling. Dan langkah ini merupakan bentuk apresiasi PTPN X kepada petani tebu binaannya.

“Bantuan pompa ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, sehingga nantinya akan berdampak pada jumlah tebangan dan pasok BBT ke Pabrik Gula (PG) Lestari,” ujar Aris.

Sementara itu, Taryono bersama KPTR ‘Lestari’ juga membantu PG Lestari terkait pengelolaan dana operasional tebang angkut dan membantu penyediaan kredit Penguatan Modal Usaha Kelompok (PMUK). Ia juga menggiling 100% tebunya ke PG Lestari Nganjuk di musim giling tahun ini.

” Semoga kemitraan antara PTPN X dengan petani tebu ini bisa terus terjaga dengan baik. Hal ini untuk mewujudkan swasembada gula nasional,” tandas Taryono.@Rel-Licom