LENSAINDONESIA.COM: Hasil survei yang dirilis Saiful Mujani Reasearch and Consulting (SMRC) direspon positif oleh PDI Perjuangan Surabaya.

Para pengurus dan kader partai politik berlogo banteng moncong putih semakin yakin pasangan Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota nomor urut 1 Eri Cahyadi-Armuji akan memenangkan Pilkada Surabaya 9 Desember 2020.

Dalam rilis SMRC, Eri-Armuji diunggulkan dengan 48,5 persen atau unggul telak sekitar 11 persen. Sedang Machfud Arifin-Mujiaman mendapat hanya 37,3 persen.

Pergerakan total dan massif oleh kader PDI Perjuangan dari atas hingga akar rumput, bersama seluruh relawan, partai-partai politik pendukung seperti PSI, PBB, Hanura, Partai Berkarya, PKPI, Partai Garuda, dan elemen-elemen masyarakat Surabaya, menjadi kunci keunggulan Eri-Armuji. “Pergerakan total dari semua pihak, di semua tingkatan, di semua lini, itu kunci keunggulan pergerakan darat dan udara Eri-Armuji,” kata Adi Sutarwijono, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Minggu (22/11/2020).

Menurut Adi, PDIP semakin yakin di jalan kerakyatan, jalan gotong royong, holopis kuntul baris antar berbagai pihak, yang ingin merawat dan menjaga Surabaya dengan spirit kebaikan yang diwariskan Wali Kota Risma. “Kita semua sadar, rakyat Surabaya sadar, jangan sampai Surabaya jatuh ke tangan yang salah, yang tidak punya rekam jejak mengelola Kota Surabaya, dan akan membawa kota ini ke arah lain, dari yang telah dikerjakan Bu Risma selama 10 tahun ini,” kata Adi, yang juga Ketua Tim Pemenangan Eri Cahyadi-Armuji.

PDIP telah mendapat laporan dari berbagai pihak, area-area yang selama ini sulit bagi Eri-Armuji, sekarang telah berbalik menjadi pendukung setia Eri-Armuji. Posko-posko pemenangan Eri-Armuji terus bermunculan dan menjamur di kampung-kampung, di rumah-rumah penduduk. “Eri-Armuji kampanye dengan gagasan-gagasan cemerlang, menebar kebaikan, dengan narasi yang cerdas jika kelak memimpin Surabaya, pasca Bu Risma. Kami tidak memakai sembako, tidak menebar uang, tapi Eri-Armuji kampanye dengan spirit kebaikan,” kata Adi.

Itu ditunjukkan dengan kemampuan debat Eri-Armuji yang memukau beberapa waktu lalu, yang mengekplorasi gagasan-gagasan cemerlang membangun Surabaya. “Eri-Armuji bisa memaparkan Surabaya “the next Risma”, yang membawa optimisme. Publik tahu dengan kasat mata dan bisa membedakan: siapa paslon yang cerdas dan cekatan, sebaliknya siapa paslon yang tidak punya narasi, yang bingung menghadapi pertanyaan. Publik tahu paslon mana yang memandang kemajuan Surabaya dari persepsi kejelekan. Dan, itu tidak pada Eri-Armuji,” kata Adi.

Seluruh jajaran PDIP, seluruh relawan dan elemen masyarakat Surabaya yang mendukung Eri Cahyadi-Armuji, menjadikan seluruh survei sebagai cermin sekaligus pelecut untuk semakin bekerja keras. “Kita akan terus bergerak, memastikan setiap suara datang ke TPS pada 9 Desember nanti, dan memilih Eri-Armuji,” kata Adi.@LI-13