LENSAINDONESIA.COM: Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta di Tower 6 dan 7 mengalami kenaikan jumlah pasien. Hal ini menyusul terjadinya penambahan kasus positif Covid-19.

Diketahui, Tower 6 dan 7 RS Darurat ini khusus menangani pasien Covid-19 yang bergejala rendah dan sedang.

“Pasien Covid-19 kembali melonjak dengan angka hunian saat ini 72,83 persen di tower 6 dan 7,” ujar Koordinator RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Mayjen TNI Tugas Ratmono dalam keterangan pers, Senin (23/11/2020).

Dijelaskan juga, bahwa tingkat hunian di tower 4 dan 5 RSDC Wisma Atlet, jumlahnya juga bertambah, yakni naik ke angka 37,61 persen. Kedua tower ini khusus untuk pasien OTG menjalani isolasi mandiri.

Sebelumnya, tower 4 sempat ditutup lantaran jumlah pasien di RSDC Wisma Atlet menurun drastis, dikarenakan kenaikan jumlah pasien yang telah sembuh dan meninggalkan rumah sakit.

Dia mengatakan, bahwa infrastruktur kesehatan serta sistem penanganan pasien Covid-19 di RSDC Wisma Atlet, sudah tertata dengan baik. Dengan demikian, untuk kenaikan okupansi ini dapat ditangani. “RSDC Wisma Atlet akan mengantisipasi dan bisa menangani dengan baik,” terangnya.

Dijelaskan, di akhir Oktober 2020, untuk pasien bergejala ringan hingga sedang, sempat menyentuh angka terendah sebanyak 32 persen angka hunian di tower 6 dan 7 RSDC Wisma Atlet. Sedangkan di tower 4 dan 5 di mana angka pasien Covid-19 terendah sempat menyentuh 17 persen pada bulan Oktober 2020.

“Kita bisa mengantisipasi dengan baik, karena kita pernah merawat pasien Covid hingga 90 persen angka hunian pada 27-29 September 2020,” bebernya.

Kendati demikian, diharapkan peningkatan tidak kembali menyentuh angka puncak 90 persen tingkat hunian di RSDC Wisma Atlet. Dia pun masyarakat untuk disiplim menjalankan protokol kesehatan.

“Jangan menganggap enteng Covid-19. Karena, jika ada yang tertular, itu berpotensi menularkan pada banyak orang. Prinsipnya, jangan tertular dan jangan menulari. Mari kita patuh dan disiplin, jalankan protokol kesehatan,” pungkas Mayjen TNI Tugas Ratmono.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun