LENSAINDONESIA.COM: Akun Facebook Jan Kurawa mengunggah sebuah foto Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang terkesan pembangunannya membelah perkebunan kurma.

Berikut isi narasinya:

“Kanan kiri pohon kurma…???? Yg kemarin nggak butuh jalan Tol, nggak usah lewat sini yah..????”.

Unggahan foto tersebut direspon pengguna Facebook lain sejumlah 433 suka, 52 komentar, dan 133 dibagikan.

Tol dikellilingi pohon kelapa, bukan kurma

Dari hasil penelusuran yang diperoleh, diketahui foto tersebut merupakan jalan tol pertama di Provinsi Riau yakni Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas

Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km, yang baru diresmikan Presiden Jokowi pada 25 September 2020 lalu.

Foto tersebut identik seperti artikel yang ditayangkan berjudul “Wuzzz! Ini Tol Pekanbaru-Dumai yang Baru Diresmikan Jokowi”. Artikel tersebut tampil di situs berita finance.detik.com pada Sabtu, 26 September 2020.

Sedangkan dari riau.suara.com, Peresmian tol Pekanbaru – Dumai dilakukan secara virtual. Presiden Jokowi berharap Tol Pekanbaru-Dumai menjadi model pengembangan lebih banyak peluang usaha dan sarana guna mendorong pemerataan kesejahteraan masyarakat.

“Ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju seperti yang tadi disampaikan Gubernur Riau, juga kawasan industri dan perkebunan lainnya,” ungkap Presiden Jokowi seperti yang ditulis Suara Riau.

Faktanya, jalan tol tersebut dikelilingi perkebunan kelapa sawit. Presiden menambahkan jalan tol ini untuk memudahkan truk-truk pengangkut sawit, pengangkut minyak, angkutan logistik, dan angkutan penumpang bakal lebih efisien baik dari segi waktu dan biaya.

Konten bohong

Dari fakta tersebut, maka indikasi foto jalan tol dengan narasi di samping kanan kirinya pohon kurma jelas salah atau bohong. Karena itu, konten tersebut masuk ke dalam Konten bohong atau menyesatkan.@mp,Eld-Licom