LENSAINDONESIA.COM: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kembali melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Stadion Gelora Bung Tomo (SGBT).

Risma memastikan renovasi stadion utama untuk venue Piala Dunia U-20 pada 2021 itu rampung dan hanya tinggal proses finishing saja.

Saat ini proses renovasi telah selesai, sehingga tinggal menunggu tuntasnya pembangunan prasarana di luar stadion.

Risma meminta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) mempercantik beberapa ruangan yang telah selesai direnovasi. Salah satunya adalah toilet. Setiap pintu toilet tersebut juga akan dipasang nomer.

“Saya minta ada nomornya di setiap pintu. Lalu kalau habis membersihkan jangan lupa dikunci ruangannya,” ujar Risma disela-sela Sidak, Kamis Sore (26/11/2020).

Risma menilai semuanya telah selesai dan sudah sesuai dengan standart FIFA selaku induk sepak bola dunia.

Renovasi mulai dari single seat, rumput, lampu, hingga lift telah terpasang dengan mengacu standart yang ditetapkan FIFA.

Risma menyatakan bahawa untuk lampu sendiri telah dipasang dan hanya tinggal menunggu instalasi dari PLN.

“Pemasangan lampu juga sudah kelar, tinggal instalasi ke PLN,” urainya.

Risma menuturkan bahwa pihaknya tengah mengebut pembangunan di luar Stadion. Mulai dari lapangan latihan, akses jalan, maupun lapangan parkir. Untuk tiga lapangan latihan sendiri ditargetkan akan selesai akhir tahun 2020.

Sedangkan akses jalan sedang dikerjakan oleh Dinas PU Bina Marga yang akan rampung sekitar maret atau april 2021. Rencananya Pemkot akan akan membuat penerangan jalan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

“Mudah-mudahan malah tidak menggunakan genset .Tapi nanti kita lihat sambungan tambahan dayanya itu. Karena ini cukup besar bukan hanya stadion tapi juga komplek, jalan-jalan baru, tiga lapangan latihan butuh penerangan,” jelas Risma.@budi