LENSAINDONESIA.COM: PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) sepakat berkolaborasi dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) terkait Rencana Kerjasama Optimalisasi dan Pengembangan Angkutan Barang.

“Kereta api merupakan salah satu moda transportasi penting guna mendukung logistik Perusahaan. Kedepan, KAI akan menjadi salah satu mitra strategis seiring perkembangan SIG sebagai penyedia solusi bahan bangunan,” ujar Direktur Utama SIG, Hendi Prio Santoso, melalui keterangan resmi yang diterima Lensaindonesia.com, Jumat (27/11/2020).

Ia menambahkan, kerja sama ini merupakan sinergi saling melengkapi dan memberikan hasil terbaik bagi kedua belah pihak.

“Dengan sinergi yang ada saat ini, diharapkan bisa semakin optimal untuk memanfaatkan setiap peluang dan kesempatan yang ada. Sehingga mampu berkontribusi bagi Perusahaan, BUMN, dan bangsa Indonesia,” tandas Hendi.

Kerja sama ini meliputi peningkatan kerja sama angkutan berbasis kereta api dan sewa tanah atau bangunan untuk jangka menengah dan jangka panjang.

Sementara itu, Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengapresiasi atas terjalinnya kerja sama untuk sinergi BUMN guna optimalisasi dan pengembangan angkutan barang berbasis kereta api. Ini sebagai nilai tambah bagi masing-masing Perusahaan.

“Kerja sama ini juga merupakan implementasi core values AKHLAK sebagai Amanah Kementerian BUMN. Melalui kerja sama ini, diharapkan KAI bisa mendukung pendistribusian semen dan produk lainnya dari SIG, khususnya wilayah Jawa dan Sumatera untuk distribusi logistik efektif dan efisien. Selain itu, mendukung program pemerintah untuk mengurangi biaya logistik Nasional”, papar Didiiek.

Ia menambahkan, ada skema kerja sama jangka pendek SIG bisa memanfaatkan stasiun Babat untuk pengiriman semen dari Pabrik Tuban milik SIG maupun SBI.

“Untuk skema jangka panjang, kami akan melihat potensi untuk membangun prasarana, menyambung dari Babat masuk ke Tuban melewati kawasan pabrik SIG dan SBI. KAI juga menjajaki pengiriman semen dari Tonasa melalui jalur Makassar hingga Pare-Pare. Semoga dengan kerja sama ini mampu memberikan manfaat lebih bagi pelanggan SIG,” tukas Didiek.@Rel-Licom