LENSAINDONESIA.COM: Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, meminta kadernya di seluruh Indonesia berperan aktif demi kesuksesan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tahun 2020, khususnya memastikan penegakan protokol kesehatan.

Menurutnya, Pilkada yang bakal digelar di 270 daerah di tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi, sehingga membutuhkan kerja sama semua pihak untuk menghindari atau mencegah penularan Covid-19.

“Saya minta sahabat kader Ansor, Banser ikut menyukseskan pilkada. Sahabat-sahabat harus bisa jadi contoh di lingkungannya,” ujar Yaqut saat memberikan orasi pada Apel Kebangsaan Virtual Banser, Minggu (29/11/2020).

Gus Yaqut, sapaan akrabnya ini mengatakan, selain mengawal proses Pilkada berjalan demokratis, partisipasi untuk menjaga kesehatan masyarakat tetap harus dijaga bersama, demi menjaga keselamatan masyarakat.

Oleh karena itu, lanjut Gus Yaqut, Pilkada Serentak Tahun 2020 yang akan melibatkan jutaan rakyat harus mendapat pengawalan semestinya agar tidak justru menjadi bencana. Kader Ansor di daerah-daerah yang menyelenggerakan pilkada diminta untuk menggunakan hak pilihnya dan menegakkan disiplin protokol kesehatan.

“Bantu pemerintah dan penyelenggara Pilkada memastikan pelaksanaan Pilkada mematuhi protokol kesehatan, tertib aman dan damai,” tegasnya.

Selain itu, Gus Yaqut juga berharap agar para kader Ansor selalu waspada dan berhati-hati di saat pandemi ini, termasuk dengan sementara tidak bersilaturahmi secara langsung dengan para kiai. Karena, pertemuan langsung rentan menyebabkan penularan Covid-19.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun