LENSAINDONESIA.COM: Bank Indonesia (BI) Malang, Jawa Timur mengingatkan agar tidak sembarangan menggelar pasar murah atau operasi pasar menjelang Natal dan Tahun Baru 2021. Sebab jika tidak waspada dan hati-hati bisa menjadi klaster baru COVID-19.

Peringatan tersebut disampaikan Kepala Kantor Perwakilan BI Malang, Azka Subhan Aminurridho, Minggu (29/11/2020).

Menurut dia, berdasarkan tradisi jelang Natal dan Tahun Baru selalu ada operasi paras atau pasar murah. Pelaksanaan pasar murah atau operasi pasar murah itu kalau tidak dilaksanakan dengan baik, memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) bisa menjadi masalah.

“Ya masalahnya karena kerumunan massa susah dihindari. Nah itu yang menjadi masalah. Sebab bisa menjadi klsater baru penularan COVID-19,” jelas dia.

Diakui dia, operasi pasar atau pasar murah itu tujuannya baik. Yakni untuk menstabilkan harga menjelang Natal dan Tahun Baru 2021.

“Tapi saran saya operasi pasar itu jangan,  karena bisa mendatangkan kerumunan massa,” tutur dia.

Pria yang akrab disapa Azka ini justru lebih setuju lewat pameran UMKM secara terbatas. Hal itu diyakini dia akan lebih baik karena bisa  mematuhi protokol kesehatan.

Dijelaskan Azka bahwa upaya untuk memulihkan ekonomi dan membendung kenaikan harga bahan pokok tidak harus melalui operasi pasar. “Bisa melalui pameran terbatas dengan Prokes ketat,” jelas dia.

Itu karena, tutur dia, perkiraan kenaikan harga tetap perlu diwaspadai.

Di antara komoditas yang diperkirakan naik jelang Natal dan Tahun Baru itu disebutkan seperti bawang merah, telur ayam dan daging ayam.

Kenaikan komoditas kebutuhan pokok itu diakui akan berpengaruh pada inflasi.

Menueut Azka, perkiraan inflasi ada pada kisaran 1 persen dari sekarang 0,77 persen.

Menurut dia, inflasi sebesar itu masih baik karena terkendali. “Jangan sampai gara-gara opera pasar murah, lalu deflasi. Jadi jangan sampai deflasi sehingga  membuat ekonomi tidak bergerak,” pungkasnya.@aji

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun