LENSAINDONESIA.COM: Menghadapi musim penghujan, pemerintah kota Bandung terus melakukan normalisasi saluran dengan pengerukan sedimentasi disejumlah titik sungai dan anak sungai.

Sala satunya di Sungai Citepus dan saluran air di daerah Lewipanjang dan Gedebage yang kerap terjadi genangan air tersumbat akibat sampah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DPU Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan, pihaknya melakukan pengerukan secara rutin dilakukannya. Pengerukan tersebut sudah menghasilkan puluhan meter kubik endapan lumpur yang bercampur sampah beberapa hari lalu.

“Saat ini endapan lumpur tersebut diangkut guna memperlancar ailaran air disaat hujan,” ujar Didi Ruswandi, Selasa (1/12/220).

Didi menambahkan, walau pun sudah dilakukan pengerukan dan pembersihan gorong-gorong. Namun, endapan masih tetap ada, sehingga terjadi pendangkalan pada sejumlah sungai di Kota Bandung.

“Kita akan mencari terus apa saja penyebab pendangkalan pada sungai di Bandung. Jadi, endapan pada sungai bisa kemungkinan banyak faktor,” katanya.

Pengerukan sedimen tersebut dikerjakan oleh tim gorong gorong yang terus bekerja mengawasi kondisi sungai-sungai dan anak sungai di Kota Bandung.

“Targetnya yang pasti sungai bisa kembali ke fungsinya supaya tidak terjadi pendangkalan,” ungkapnya.@Caca