LENSAINDONESIA.COM: Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo berkunjung ke Kota Malang, Kamis (03/12/2020).

Doni yang juga menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu meninjau kesiapan pembangunan rumah sakit lapangan khusus COVID-19 di Kota Malang.

Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 tersebut diharapkan bisa menjadi solusi jika rumah sakit rujukan penuh. Sebab, jumlah warga yang terpapar virus Corona di Kota Malang terus meningkat.

Makanya, Doni Monardo hadir di Malang untuk memastikan rumah sakit lapangan itu benar-benar siap dibangun.

Sesuai rencana, rumah sakit tersebut dibangun di kawasan Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma).

Ketika meninjau lokasi untuk pembangunan rumah sakit lapangan itu, Doni Monardo didampingi Sekda Provinsi Jatim Heru Tjahjono, Kapolresta Malang Kombes Pol Leonardus Simarmata dan tim dokter.

Doni berkeliling melihat kondisi lapangan untuk memastikan  kesiapan bangunan secara fisik Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19.

Menurut dia, rumah sakit lapangan itu berkapasitas 306 tempat tidur.

Donu berharap, kapasitas rumah sakit bisa membantu rumah sakit rujukan di Kota Malang yang saat ini penuh karena tingginya kasus COVID-19 ini.

“Kita juga berharap keberadaan rumah sakit lapangan ini mampu meningkatkan angka kesembuhan pasien. Jika perlu tanpa kematian. Sebab  fasilitasnya sangat memadai,” tuturnya.

Penanggung jawab rumah sakit lapangan, dr Kohar Hari Santoso merespon positif harapan tersebut. Sebab, menurut dia  rumah sakit tersebut berbeda dengan rumah isolasi biasanya.

“Karena itu, rumah sakit ini tak hanya  menangani penyembuhan fisik. Namun, juga yang berkaitan dengan mental,” pungkasnya.@aji

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun