LENSAINDONESIA.COM: Hitungan cepat Pilkada Ponorogo 2020, mengumumkan bupati demisioner Ipong Muchlissoni yang maju lagi jadi calon bupati (Cabub) kalah telak oleh lawannya, Cabub Sugiri Sancoko. Sementara itu, yang kini jadi tanda tanya, Ipong dikabarkan menghilang entah kemana sejak Rabu petang (9/12/2020).

Pasca hasil quick qount itu mengabarkan pasangan Cabub Ipong-Bambang Tri Wahono mengantongi suara jauh di bawah perolehan pasangan Sugiri-Lisdyarita, kontan awak media berupaya klarifikasi terhadap Ipong. Namun, awak media kesulitan bisa menjumpai Ipong.

“Saat ini, Pak Ipong gak ada di tempat. Entah kemana. Ini juga banyak masyarakat yang bertanya tanya,” ucap Endang, warga pendukung Paslon No 2 di Pilkada Ponorogo, 9 Desember 2020 ini kepada awak media, Rabu tengah malam (9/12/2020).

Menghilangnya Ipong ini juga jadi perbincangan hangat warga Ponorogo di media sosial.

Penelisikan di konter penjualan tiket pesawat terbang di Ponorogo, diperoleh gambaran, Ipong pada Rabu petang (9/12/2020) pukul 17.15 WIB diduga terbang ke Jakarta dari Bandara Adi sumarmo, Solo.

Dari informasi yang dihimpun, menyebutkan Ipong setelah Rabu malam di Jakarta, pada Kamis paginya (10/12/2020), dia meluncur ke Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Tidak ada konfirmasi mengenai untuk keperluan apa kepergian Ipong tersebut.

Widodo, salah seorang pengurus Partai Demokrat Ponorogo, partai yang mengusung Ipong, saat dikonfirmasi wartawan via WA, soal kepastian keberadaan Ipong, ternyata tidak menjawab.

Heboh menghilangnya Cabub petahana ini, tidak heran menimbulkan beragam spekulasi. Malahan, ada yang mengaitkan tragedi gagalnya sosok Cabub Ponorogo di Pilkada dua belas tahun silam. Saat itu, Cabup Zuchri Yuli Nursanto menghebohkan warga Ponorogo pasca dinyatakan kalah oleh KPUD setempat.

Zuchri Yuli Nursanto sempat menjadi tontonan masyarakat, lantaran berjalan kaki tak tentu arah dalam kondisi bugil. Oleh keluarganya, saat itu, sempat dilarikan ke RSJ Lawang, Malang, guna pengobatan atas depresi berat yang dideritanya.

Masyarakat Ponorogo berharap tragedi yang dialami Cabub Zuhri Yuli agar tidak terulang menimpa pada siapa pun. @fin