LENSAINDONESIA.COM: Sejak dahulu Indonesia terkenal akan kekayaan ragam rempah-rempah, sehingga menjadi daya tarik negara asing untuk menjajah dan menguasainya. Salah satu kuliner dari rempah-rempah hingga mancanegara adalah masakan Padang.

Bicara mengenai masakan Minang, mungkin yang terlintas di benakmu hanya Rendang, Sate Padang, atau paling banter Tambunsu. Padahal kuliner negeri Jam Gadang nggak sebatas itu, lho. Kalau ada kesempatan ke Sumatera Barat, kamu wajib cobain 5 kuliner khas Padang ini. Penasaran?

1. Gulai Gajebo

Yang bikin kuliner ini beda adalah bahan utamanya yaitu punuk sapi. Gulai ini didominasi oleh lemak gurih yang perbandingannya dengan daging kira-kira 1:3. Jadi dagingnya memang terlihat tipis.

Karena bahan dasarnya yang mulai sulit dicari, gulai gajebo termasuk ‘makanan langka’. Potongan lemak dengan daging itu disajikan dengan kuah merah yang tidak menggunakan santan. Rasa asam, gurih, dan pedas membuat santapan gulai gajebo seperti surga yang sungguh nyata.

2. Gulai Banak

Masih di dunia pergulaian. Tapi gulai yang satu ini bisa dibilang sedikit ekstrim. Berbahan dasar otak sapi, gulai banak jadi salah satu kuliner yang wajib kamu coba kalau traveling ke Padang.

Dibanding gulai gajebo, gulai banak terhitung masih bisa ditemukan di banyak kota besar. Tapi mencobanya langsung di tempat asalnya tentu terasa berbeda. Olahan otak sapi yang dipadu dengan kuah santan dan rempah-rempah membuat gulai banak jadi hidangan menggugah selera. Untuk yang punya kolesterol tinggi hati-hati ya.

3. Teh Talua

Talua dalam bahasa Padang berarti telur. Kuning telur yang dikocok hingga halus kemudian dicampur dengan teh. Lalu dicampur gula, susu kental manis, dan irisan jeruk nipis. Mirip-mirip STMJ (Susu Telur Madu Jahe). Bedanya teh talua nggak pakai jahe.

Cara membuatnya, pertama-tama kuning telur dimasukkan ke dalam gelas bersama dengan gula putih kemudian diaduk dengan ikatan batang lidi. Setelah itu baru ditambahkan susu dan air teh panas. Sejak lama minuman ini digunakan para pekerja untuk menambah stamina. Kalau lagi capek, bisa nih duduk bentar, seruput teh talua, dan jelajahi Kota Padang lagi.

4. Lontong Telur

Di Padang juga ada yang namanya angkringan. Tempat-tempat seperti itu dinamakan Ongkrongan Turagari. Nah, salah satu kuliner yang terkenal di tongkrongan khas Padang adalah Lontong Telur Gulai Paku. Cocok dinikmati saat malam hari.

Berbahan dasar lontong, telur rebus, dan tumbuhan pakis muda, sajian ini menggunakan kuah santan dan kaldu udang. Makanya citarasa seafood hidangan ini terasa banget.

5. Ampiang Dadiah

Ampiang dalam bahasa Padang berarti emping lunak, sedangkan dadiah adalah fermentasi susu kerbau. Anti mainstream banget kan? Setelah ampiang dan dadiah dicampur, ditambahkan kuah gula aren yang dilengkapi oleh kelapa parut. Ampiang Dadiah biasa disajikan dengan es serut yang segar. Cocok buat desert, nih!

Tertarik ingin mencicipi kuliner khas Padang? Maskapai penerbangan AirAsia membuka layanan wisata kuliner Makin Seru dengan Rute Baru. Dengan layanan wisata tersebut, kami bisa terbang dari Jakarta ke Padang, Pekanbaru, Palembang, dan Pontianak.

Nggak cuma dari Jakarta ke Padang, AirAsia juga punya rute baru terbang dari Jakarta ke Palembang, Pekanbaru, Pontianak, serta terbang dari Bandung ke Bali juga, lho! Harga mulai dari Rp 489ribu. Dapatkan gratis bagasi 15 kg untuk setiap rute penerbangan baru.

Periode pemesanan sudah dapat dipesan sekarang dan periode penerbangan mulai 15 Desember 2020. Pesan tiketnya sekarang di website airasia.com atau Aplikasi airasia.com. Karena selalu ada penawaran terbaik untuk kita di airasia.com.@Rudi