LENSAINDONESIA.COM: Bupati Malang, HM Sanusi mengaku lega, pasalnya perayaan Natal yang digelar umat Kristiani di wilayahnya berlangsung kondusif, tenang dan aman.

“Alhamdulillah. Semuanya berjalan lancar, tertib dan aman. Suasana di wilayah Kabupaten Malang selama perayaan Natal kondusif,” katanya, Jumat (25/12/2020).

Sanusi menyampaikan, pada malam Natal, dirinya bersama Kapolres AKBP Hendri Umar dan Dandim 0818, Letkol Inf Yusuf Dody Sandra berkeliling ke sejumlah wilayah untuk memantau pengamanan serta memastikan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19 benar-benar diterapkan secara serius.

Pantauan dilakukan pada seluruh gereja dan semua pos pengamanan (PAM). “Bahkan Pos PAM Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pos PAM yang kami pantau sudah siap melaksanakan Rapid Antigen,” ujarnya.

Pantauan diawali dari Pendopo Agung, Kabupaten Malang. Selanjutnya bupati yang juga didampingi Sekda Wahyu Hidayat dan sejumlah Kepala OPD itu  menuju titik pertama pemantauan di Pos PAM Simpang Empat Karanglo. Tepatnya  di pintu masuk Tol Malang-Pandaan.

Pada kesempatan tersebut, bupayi menyempatkan diri meninjau CCTV. Dia memantau arus lalu lintas di sejumlah titik krusial. Di antaranya, pintu masuk dan keluar dan sepanjang tol Malang-Pandaan.

Setelah itu, dia mengunjungi Pos PAM Karangploso dan Sengkaling, Dau. Kala itu Sanusi bersama rombongan juga menyerahkan paket bantuan Sembako kepada petugas Pos PAM.

Bupati bersama rombongan menuju Gereja St Andreas, di Kecamatan Dau. Sanusi meninjau jemaat yang sedang beribadah.

Sanusi juga ingin memastikan pengurus gereja dan jemaat menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Harapannya agar tak terjadi klaster baru COVID-19,” pungkasnya.@aji