LENSAINDONESIA.COM: Pekerjaan di masa sekarang, tentunya membutuhkan fasilitas yang mumpuni untuk digunakan bekerja.

Selain alat tulis, Anda juga membutuhkan perangkat yang dapat memudahkan dalam mengerjakan berkas-berkas penting. Maka Anda membutuhkan perangkat komputer yang dilengkapi teknologi super canggih di dalamnya. Jika sebuah komputer atau PC tidak dapat dibawa kemana-mana, lain halnya dengan sebuah laptop.

Laptop merupakan perangkat yang lebih praktis digunakan karena bisa dibawa kemanapun Anda pergi.

Dengan adanya laptop ini, Anda jadi bisa bekerja dari mana saja yang Anda inginkan. Tetapi pekerjaan tertentu seperti animator, graphic desainer hingga 3D artist terkadang membutuhkan laptop yang levelnya lebih canggih dan berbeda.

Untuk itu, Anda bisa mulai mempertimbangkan laptop milik Apple yakni Macbook Air. Keberadaan Macbook ini sudah tidak asing lagi. Pasalnya Apple memang terkenal karena produk pertamanya yakni sebuah komputer.

Kemudian berkembang seperti sekarang dengan jenis Macbook. Macbook sendiri sudah memiliki tipe yang beragam. Salah satunya adalah Macbook Air ini. fitur-fiturnya cukup lengkap dan operating systemnya menggunakan khusus dari Apple, yakni iOS.

Anda perlu melakukan update iOS pada Macbook agar dapat bekerja lebih maksimal. Hasilnya pun tidak akan mengecewakan. Pasalnya rangkaian pekerjaan kreatif Anda akan lebih menarik dengan hasil jempolan dengan Macbook Air ini.

Nah, bagi Anda yang bingung untuk memilih Macbook Air dengan tipe yang beragam, Anda bisa simak rekomendasinya berikut ini.

  1. Macbook Air 2017

Dilihat dari tahunnya mungkin memang sudah lama. Tetapi, Macbook yang keluar 3 tahun silam ini masih layak untuk dimiliki sekarang juga. Jenis ini masih cukup dicari dan digemari karena di tahun sekarang tentu harganya sudah lebih murah dibandingkan saat pertama kali keluar dahulu. Layarnya sendiri sebesar 13 inci dengan resolusi 3840 x 2160 piksel. Produk Apple generasi tahun 2017 ini masih memiliki port USB type B.

Anda masih bisa menggunakan aksesoris yang memudahkan bekerja seperti mouse tambahan. Apple dalam produk laptopnya memang sudah memiliki mousepad, tetapi fungsinya sedikit berbeda pada umumnya. Sehingga Anda bisa menambahkan mouse yang bisa digunakan dengan USB ini. Bisa dibilang Macbook Air 2017 ini sedang banyak dicari karena harganya yang sudah terjangkau. Harganya sekitar Rp 12 jutaan.

  1. Macbook Air 2015

Sedikit mundur 2 tahun dari tahun 2017. Macbook Air 2015 juga masih layak untuk Anda miliki saat ini. Tipe yang direkomendasikan adalah Macbook Air 13 MJVE2 2015. Dilengkapi dengan RAM 4GB dan Ram 8GB. Meski dirasa kurang mantap karena sudah terlampau silam yakni 5 tahun lamanya, namun Macbook Air 2015 ini masih memiliki performa yang tetap keren dengan daya tahan baterai yang mumpuni. Ketahanannya sekitar 12 jam pemakaian.

Produk ini disarankan untuk aktivitas bisnis hingga kantoran. Kapasitasnya sendiri terdiri dari 128GB dan juga 256GB. Anda bisa terhubung dengan internet dari W-Fi. Selain itu tersedia juga konektivitas Bluetooth yang bisa disambungkan dengan iPhone. Anda bisa bekerja sambil mendengarkan musik tanpa mengganggu lingkungan dengan cara memasang headset pada port 3.5 mm nya. Harganya sekitar Rp 13 jutaan.

  1. Macbook Air MQD32

Meskipun sama-sama keluaran tahun 2017, versi MQD32 ini sedikit berbeda dari versi notebooknya. Karena masih terbilang sangat oke untuk digunakan di masa sekarang. Tentunya Macbook Air ini memiliki kelebihannya tersendiri yakni terletak pada ketahanan baterai hingga 12 jam pemakaian yang dilengkapi dengan port MagSafe. Performanya pun masih terbilang kencang dan anti lag.

Layarnya cukup lebar glossy dengan ukuran 13.3 inci berlampu latar LED. Processorenya menggunakan Intel Core i5 dual-core. Kapasitasnya sendiri sebesar RAM 8GB dengan memori 128GB SSD. Tersedia pula Wi-Fi, Bluetooth, dua port USB 3 dengan jenis baterai Lithium Polymer 54 watt per jamnya. Harganya? Terletak di Rp 12 jutaan saja.

  1. Macbook Air 2018

Maju selangkah ke tahun berikutnya yakni Macbook Air 2018. Bagi Anda yang menyukai laptop ringan, Anda perlu mempertimbangkan jenis Macbook yang satu ini. Desainnya dibuat lebih tipis sehingga lebih ringan dan mudah dibawa kemanapun. Kemudian dibekali juga dengan Retina display yang berkualitas tinggi dan juga adanya fitur Touch ID serta jenis keyboard yang makin baru. Macbook ini tahan selama 10 jam pemakaian. Ukuran layarnya sebesar 13.3 inci dengan lampu latar LED.

Tidak berbeda jauh untuk bagian layar dari generasi sebelumnya. Teknologi IPS beresolusi 2560 x 1600 piksel pun disematkan di dalamnya. Selain itu ada pula processor yakni Intel Core i5 dual-core dan kapasitas sebesar RAM 8GB dan memori sebesar 128GB. Bagian konektivitasnya tersedia Wi-Fi dan juga Bluetooth. Tersedia port USB type C sehingga Anda yang masih memiliki USB type B harus menggunakan kabel tambahan jika ingin menggunakannya.

Harganya sendiri lebih tinggi dengan yang lainnya yakni sekitar Rp 15 jutaan. Namun sepadan dengan kualitas yang didapatkan.

  1. Macbook Air 2019

Rasanya bukan Apple jika tidak mengeluarkan produk terbaru tiap tahunnya. Di tahun 2019 Apple mengeluarkan produk Macbook Air 2019 yang bisa dibilang cukup murah dengan fitur komplit. Jika melihat lagi perangkat besutan Apple ini, harga pada Rp 17 jutaan sekarang ini tergolong sepadan dengan harga. Tampilannya juga beresolusi tinggi yakni 2560 x 1600 piksel. Macbook Air ini juga dibekali dengan prosesor dua inti dengan Turbo Boost. Di mana performanya akan lebih maksimal dengan kecepatan yang ngebut.

Layarnya sebesar 13.3 inci dengan lampu latar LED berteknologi IPS. Processornya menggunakan Intel Core i5 dual-core dan Turbo Boost hingga 3.6 GHz. Kapasitasnya sendiri terdapat 8GB RAM dengan memori 128GB SSD. Konektivitasnya tersedia Wi-Fi dan Bluetooth. Macbook jenis ini mengusung USB type C sebanyak 2 buah. Cukup tambahkan konektor jika Anda ingin menggunakan USB tipe lain. Baterainya berjenis Lithium Polymer dengan daya 49,9 watt per jam.

  1. Macbook Air 2020

Produk terbaru yakni Macbook Air 2020 dibekali Apple dengan Intel Core i3. Ada pula dengan Intel Core i5 jika Anda menginginkan performa yang lebih bertenaga. Bagi Anda yang pernah menggunakan Macbook versi sebelumnya, rasanya akan cukup puas jika Anda upgrade ke versi terbaru 2020 ini. Hal ini karena perubahannya bisa dibilang cukup drastis. Mulai dari keyboard hingga bagian dalam dari Macbook ini mengalami perkembangan yang lebih baik.

Untuk portnya, tersedia dalam 2 varian yakni Macbook Air 2 port thunderbolt dan Macbook Air dengan 4 port thunderbolt. Ukuran layarnya tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya yakni 13,3 inci dengan resolusi 2560 x 1600 piksel. Bahkan versi terbaru ini hadir dengan Touchbar yang dapat Anda operasikan dengan layar sentuh pada beberapa toolnya.

Konektivitasnya tersedia Wi-Fi dan juga Bluetooth. Harganya tentu berbeda antara varian satu dengan varian kedua. Varian pertama yakni 2 port thunderbolt dibekali Intel Core i5 berkapasitas RAM 8GB dengan memori tersedia 256Gb atau 512GB. Harganya berkisar dari Rp 20 jutaan. Sedangkan untuk tipe 4 port thunderbolt yang terdapat Intel Core i5 dengan RAM 16GB berkapasitas 512GB atau 1 TB, harganya mulai dari Rp 30 jutaan.

Meski tergolong lebih mahal, dengan Macbook ini pekerjaan yang menuntut kreativitas jadi lebih mudah direalisasikan. Tidak heran jika produk-produk Macbook ini masih banyak diburu dan laris di pasaran meski second hingga saat ini.

  1. Sesuaikan Budget

Penting untuk mengatur budget ketika Anda memutuskan untuk membeli suatu barang. Khususnya untuk membeli laptop di mana ini merupakan investasi jangka panjang. Pasalnya penggunaan laptop tidak hanya dalam 1 atau 2 tahun saja. Tetapi bisa digunakan dalam beberapa tahun ke depan. Maka pilihan mulai dari spesifikasi hingga penyesuaian budget yang cocok penting untuk diukur.

Ketika Anda membutuhkan Macbook untuk pekerjaan di mana masih bisa menggunakan versi lama, ada baiknya jika Anda memilih dari rekomendasi di bawah tahun 2020 yang lebih terjangkau. Hal ini untuk menghindari over budget dalam kondisi keuangan Anda. Namun jika rasanya pekerjaan Anda menuntut untuk memakai Macbook keluaran terbaru, Anda harus melihat kembali kondisi keuangan.

Setidaknya, sisakan biaya untuk kebutuhan lain setelah digunakan untuk membeli Macbook ini. Anda bisa mengakalinya dengan cara membeli Macbook secara kredit. Hal ini akan memudahkan Anda membayar dengan cara dicicil.

  1. Pilih Toko yang Terpercaya

Saat ini Anda sudah bisa membeli Macbook secara online. Tidak perlu lagi untuk mendatangi tokonya langsung. Tetapi Anda juga perlu untuk tetap berhati-hati dalam melakukan transaksi online. Pertama pastikan Anda melihat ulasan dari pembeli sebelumnya. Lihat ulasan beserta foto yang berasal dari pembeli. Kemudian lihat rating tokonya. Apabila ratingnya cukup tinggi dan ulasannya baik, maka bisa dipastikan toko tersebut terpercaya.

Toko yang tidak terpercaya biasanya akan meminta Anda untuk melakukan transaksi di luar layanan jasa jual beli online. Jika mengalami hal ini, abaikan saja dan segera batalkan pesanan online Anda. Hindari tergiur dengan harga yang sangat murah di mana jauh dari harga pasaran. Bisa jadi toko tersebut bukanlah toko terpercaya.

  1. Pembelian Online Banyak Promo

Pembelian secara online sekarang ini banyak digemari. Karena selain mudah dan praktis, Anda juga bisa menemukan potongan harga yang sangat besar. Anda bisa menemukan penawaran menarik mulai dari diskon beragam hingga voucher cashback sekalipun. Diskon yang ditawarkan bisa Anda temukan mulai dari 5%, 10% hingga 70% lho. Jadi jangan ragu lagi untuk membelinya secara online.

Kini Anda tidak akan salah pilih lagi dalam membeli laptop yang cocok untuk pekerjaan kreatif. Baik itu desainer hingga pembuat game sekalipun bisa menggunakan Macbook ini. Apalagi jika pekerjaan kreatif Anda ini berjenis freelance atau pekerja lepas. Anda jadi bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus dalam waktu yang singkat. Ini karena kemudahan fitur yang bisa didapatkan hanya dari Macbook.

Itulah rekomendasi Macbook Air yang bisa Anda gunakan sebagai perbandingan dan pertimbangan untuk membelinya. Pastikan Anda sudah memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan Anda. Selamat bekerja.

Pekerjaan di masa sekarang tentunya membutuhkan fasilitas yang mumpuni untuk digunakan bekerja. Selain alat tulis, Anda juga membutuhkan perangkat yang dapat memudahkan dalam mengerjakan berkas-berkas penting. Maka Anda membutuhkan perangkat komputer yang dilengkapi teknologi super canggih di dalamnya. Jika sebuah komputer atau PC tidak dapat dibawa kemana-mana, lain halnya dengan sebuah laptop. Laptop merupakan perangkat yang lebih praktis digunakan karena bisa dibawa kemanapun Anda pergi.

Dengan adanya laptop ini Anda jadi bisa bekerja dari mana saja yang Anda inginkan. Tetapi pekerjaan tertentu seperti animator, graphic desainer hingga 3D artist terkadang membutuhkan laptop yang levelnya lebih canggih dan berbeda. Untuk itu Anda bisa mulai mempertimbangkan laptop milik Apple yakni Macbook Air. Keberadaan Macbook ini sudah tidak asing lagi. Pasalnya Apple memang terkenal karena produk pertamanya yakni sebuah komputer.

Kemudian berkembang seperti sekarang dengan jenis Macbook. Macbook sendiri sudah memiliki tipe yang beragam. Salah satunya adalah Macbook Air ini. fitur-fiturnya cukup lengkap dan operating systemnya menggunakan khusus dari Apple yakni iOS. Anda perlu melakukan update iOS pada Macbook agar dapat bekerja lebih maksimal. Hasilnya pun tidak akan mengecewakan. Pasalnya rangkaian pekerjaan kreatif Anda akan lebih menarik dengan hasil jempolan dengan Macbook Air ini.

Nah, bagi Anda yang bingung untuk memilih Macbook Air dengan tipe yang beragam, Anda bisa simak rekomendasinya berikut ini.

  1. Macbook Air 2017

Dilihat dari tahunnya mungkin memang sudah lama. Tetapi, Macbook yang keluar 3 tahun silam ini masih layak untuk dimiliki sekarang juga. Jenis ini masih cukup dicari dan digemari karena di tahun sekarang tentu harganya sudah lebih murah dibandingkan saat pertama kali keluar dahulu. Layarnya sendiri sebesar 13 inci dengan resolusi 3840 x 2160 piksel. Produk Apple generasi tahun 2017 ini masih memiliki port USB type B.

Anda masih bisa menggunakan aksesoris yang memudahkan bekerja seperti mouse tambahan. Apple dalam produk laptopnya memang sudah memiliki mousepad, tetapi fungsinya sedikit berbeda pada umumnya. Sehingga Anda bisa menambahkan mouse yang bisa digunakan dengan USB ini. Bisa dibilang Macbook Air 2017 ini sedang banyak dicari karena harganya yang sudah terjangkau. Harganya sekitar Rp 12 jutaan.

  1. Macbook Air 2015

Sedikit mundur 2 tahun dari tahun 2017. Macbook Air 2015 juga masih layak untuk Anda miliki saat ini. Tipe yang direkomendasikan adalah Macbook Air 13 MJVE2 2015. Dilengkapi dengan RAM 4GB dan Ram 8GB. Meski dirasa kurang mantap karena sudah terlampau silam yakni 5 tahun lamanya, namun Macbook Air 2015 ini masih memiliki performa yang tetap keren dengan daya tahan baterai yang mumpuni. Ketahanannya sekitar 12 jam pemakaian.

Produk ini disarankan untuk aktivitas bisnis hingga kantoran. Kapasitasnya sendiri terdiri dari 128GB dan juga 256GB. Anda bisa terhubung dengan internet dari W-Fi. Selain itu tersedia juga konektivitas Bluetooth yang bisa disambungkan dengan iPhone. Anda bisa bekerja sambil mendengarkan musik tanpa mengganggu lingkungan dengan cara memasang headset pada port 3.5 mm nya. Harganya sekitar Rp 13 jutaan.

  1. Macbook Air MQD32

Meskipun sama-sama keluaran tahun 2017, versi MQD32 ini sedikit berbeda dari versi notebooknya. Karena masih terbilang sangat oke untuk digunakan di masa sekarang. Tentunya Macbook Air ini memiliki kelebihannya tersendiri yakni terletak pada ketahanan baterai hingga 12 jam pemakaian yang dilengkapi dengan port MagSafe. Performanya pun masih terbilang kencang dan anti lag.

Layarnya cukup lebar glossy dengan ukuran 13.3 inci berlampu latar LED. Processorenya menggunakan Intel Core i5 dual-core. Kapasitasnya sendiri sebesar RAM 8GB dengan memori 128GB SSD. Tersedia pula Wi-Fi, Bluetooth, dua port USB 3 dengan jenis baterai Lithium Polymer 54 watt per jamnya. Harganya? Terletak di Rp 12 jutaan saja.

  1. Macbook Air 2018

Maju selangkah ke tahun berikutnya yakni Macbook Air 2018. Bagi Anda yang menyukai laptop ringan, Anda perlu mempertimbangkan jenis Macbook yang satu ini. Desainnya dibuat lebih tipis sehingga lebih ringan dan mudah dibawa kemanapun. Kemudian dibekali juga dengan Retina display yang berkualitas tinggi dan juga adanya fitur Touch ID serta jenis keyboard yang makin baru. Macbook ini tahan selama 10 jam pemakaian. Ukuran layarnya sebesar 13.3 inci dengan lampu latar LED.

Tidak berbeda jauh untuk bagian layar dari generasi sebelumnya. Teknologi IPS beresolusi 2560 x 1600 piksel pun disematkan di dalamnya. Selain itu ada pula processor yakni Intel Core i5 dual-core dan kapasitas sebesar RAM 8GB dan memori sebesar 128GB. Bagian konektivitasnya tersedia Wi-Fi dan juga Bluetooth. Tersedia port USB type C sehingga Anda yang masih memiliki USB type B harus menggunakan kabel tambahan jika ingin menggunakannya.

Harganya sendiri lebih tinggi dengan yang lainnya yakni sekitar Rp 15 jutaan. Namun sepadan dengan kualitas yang didapatkan.

  1. Macbook Air 2019

Rasanya bukan Apple jika tidak mengeluarkan produk terbaru tiap tahunnya. Di tahun 2019 Apple mengeluarkan produk Macbook Air 2019 yang bisa dibilang cukup murah dengan fitur komplit. Jika melihat lagi perangkat besutan Apple ini, harga pada Rp 17 jutaan sekarang ini tergolong sepadan dengan harga. Tampilannya juga beresolusi tinggi yakni 2560 x 1600 piksel. Macbook Air ini juga dibekali dengan prosesor dua inti dengan Turbo Boost. Di mana performanya akan lebih maksimal dengan kecepatan yang ngebut.

Layarnya sebesar 13.3 inci dengan lampu latar LED berteknologi IPS. Processornya menggunakan Intel Core i5 dual-core dan Turbo Boost hingga 3.6 GHz. Kapasitasnya sendiri terdapat 8GB RAM dengan memori 128GB SSD. Konektivitasnya tersedia Wi-Fi dan Bluetooth. Macbook jenis ini mengusung USB type C sebanyak 2 buah. Cukup tambahkan konektor jika Anda ingin menggunakan USB tipe lain. Baterainya berjenis Lithium Polymer dengan daya 49,9 watt per jam.

  1. Macbook Air 2020

Produk terbaru yakni Macbook Air 2020 dibekali Apple dengan Intel Core i3. Ada pula dengan Intel Core i5 jika Anda menginginkan performa yang lebih bertenaga. Bagi Anda yang pernah menggunakan Macbook versi sebelumnya, rasanya akan cukup puas jika Anda upgrade ke versi terbaru 2020 ini. Hal ini karena perubahannya bisa dibilang cukup drastis. Mulai dari keyboard hingga bagian dalam dari Macbook ini mengalami perkembangan yang lebih baik.

Untuk portnya, tersedia dalam 2 varian yakni Macbook Air 2 port thunderbolt dan Macbook Air dengan 4 port thunderbolt. Ukuran layarnya tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya yakni 13,3 inci dengan resolusi 2560 x 1600 piksel. Bahkan versi terbaru ini hadir dengan Touchbar yang dapat Anda operasikan dengan layar sentuh pada beberapa toolnya.

Konektivitasnya tersedia Wi-Fi dan juga Bluetooth. Harganya tentu berbeda antara varian satu dengan varian kedua. Varian pertama yakni 2 port thunderbolt dibekali Intel Core i5 berkapasitas RAM 8GB dengan memori tersedia 256Gb atau 512GB. Harganya berkisar dari Rp 20 jutaan. Sedangkan untuk tipe 4 port thunderbolt yang terdapat Intel Core i5 dengan RAM 16GB berkapasitas 512GB atau 1 TB, harganya mulai dari Rp 30 jutaan.

Meski tergolong lebih mahal, dengan Macbook ini pekerjaan yang menuntut kreativitas jadi lebih mudah direalisasikan. Tidak heran jika produk-produk Macbook ini masih banyak diburu dan laris di pasaran meski second hingga saat ini.

  1. Sesuaikan Budget

Penting untuk mengatur budget ketika Anda memutuskan untuk membeli suatu barang. Khususnya untuk membeli laptop di mana ini merupakan investasi jangka panjang. Pasalnya penggunaan laptop tidak hanya dalam 1 atau 2 tahun saja. Tetapi bisa digunakan dalam beberapa tahun ke depan. Maka pilihan mulai dari spesifikasi hingga penyesuaian budget yang cocok penting untuk diukur.

Ketika Anda membutuhkan Macbook untuk pekerjaan di mana masih bisa menggunakan versi lama, ada baiknya jika Anda memilih dari rekomendasi di bawah tahun 2020 yang lebih terjangkau. Hal ini untuk menghindari over budget dalam kondisi keuangan Anda. Namun jika rasanya pekerjaan Anda menuntut untuk memakai Macbook keluaran terbaru, Anda harus melihat kembali kondisi keuangan.

Setidaknya, sisakan biaya untuk kebutuhan lain setelah digunakan untuk membeli Macbook ini. Anda bisa mengakalinya dengan cara membeli Macbook secara kredit. Hal ini akan memudahkan Anda membayar dengan cara dicicil.

  1. Pilih Toko yang Terpercaya

Saat ini Anda sudah bisa membeli Macbook secara online. Tidak perlu lagi untuk mendatangi tokonya langsung. Tetapi Anda juga perlu untuk tetap berhati-hati dalam melakukan transaksi online. Pertama pastikan Anda melihat ulasan dari pembeli sebelumnya. Lihat ulasan beserta foto yang berasal dari pembeli. Kemudian lihat rating tokonya. Apabila ratingnya cukup tinggi dan ulasannya baik, maka bisa dipastikan toko tersebut terpercaya.

Toko yang tidak terpercaya biasanya akan meminta Anda untuk melakukan transaksi di luar layanan jasa jual beli online. Jika mengalami hal ini, abaikan saja dan segera batalkan pesanan online Anda. Hindari tergiur dengan harga yang sangat murah di mana jauh dari harga pasaran. Bisa jadi toko tersebut bukanlah toko terpercaya.

  1. Pembelian Online Banyak Promo

Pembelian secara online sekarang ini banyak digemari. Karena selain mudah dan praktis, Anda juga bisa menemukan potongan harga yang sangat besar. Anda bisa menemukan penawaran menarik mulai dari diskon beragam hingga voucher cashback sekalipun. Diskon yang ditawarkan bisa Anda temukan mulai dari 5%, 10% hingga 70% lho. Jadi jangan ragu lagi untuk membelinya secara online.

Kini Anda tidak akan salah pilih lagi dalam membeli laptop yang cocok untuk pekerjaan kreatif. Baik itu desainer hingga pembuat game sekalipun bisa menggunakan Macbook ini. Apalagi jika pekerjaan kreatif Anda ini berjenis freelance atau pekerja lepas. Anda jadi bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus dalam waktu yang singkat. Ini karena kemudahan fitur yang bisa didapatkan hanya dari Macbook.

Itulah rekomendasi Macbook Air yang bisa Anda gunakan sebagai perbandingan dan pertimbangan untuk membelinya. Pastikan Anda sudah memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan Anda. Selamat bekerja. @prescon