LENSAINDONESIA.COM: FIFA resmi menunda pagelaran Piala Dunia U-20 tahun akibat pandemi COVID-19 yang masih melanda dunia. Event sepakbola internasional yang sedianya akan dihelat di Indonesia pada 2021 itu diundur hingga 2023.

Meski demikian, Pemerintah Kota Surabaya tetap melanjutkan perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana termasuk Stadion Gelora Bung Tomo yang sedianya sudah ditetapkan sebagai venue Piala Dunia U-20 2021 tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, menyatakan bahwa Pemkot akan terus melakukan persiapan untuk menyambut Piala Dunia U-20 meskipun induk sepakbola dunia FIFA secara resmi memunurkan pelaksanaan Piala Dunia U-20 di 2023. Hal itu dilakukan agar di 2023 tidak perlu menyiapkan kembali sarana prasarana dan hanya tinggal melakukan perawatan terhadap sarana prasarana tersebut.

Whisnu menyatakan, bahwa Surabaya telah siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dengan mulai rampungnya semua renovasi dan pembangunan sarana prasarana tersebut.

“Persiapan sudah, termasuk persiapan Stadion GBT (Gelora Bung Tomo). Tinggal memaintenance stadion itu supaya tetap siap di tahun 2023,” kata Whisnu seusai Audiensi di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (25/12/2020).

Bukannya kecewa, Whinu malah bersyukur atas diundurnya jadwal Piala Dunia U-20. Menurutnya, Kota yang menjadi tuan rumah, termasuk Surabaya akan diuntungkan atas penundaan tersebut. Sebab, dalam jangka waktu tersebut Pemkot dapat menyiapkan segala sesuatu yang masih kurang maksimal. Sehingga saat digelarnya Piala Dunia U-20 tersebut semua segala sarana prasarana telah siap secara maksimal sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh FIFA.

“Malah kita punya waktu 2 tahun untuk memperbaiki masalah transportasinya dan sebagainya, malah lebih bagus lagi,” ungkapnya.

Dengan ditundanya Piala Dunia U-20 ke 2023. Indonesia akan menggelar 2 event akbar tingkat dunia. Yang pertama adalah Piala Dunia U-20 di Cabang olahraga Sepakbola dan Piala Dunia 2023 di Cabang Olahraga Bola Basket. Dimana Indonesia menjadi tuan rumah bersama dengan Jepang dan Filipina.@LI-13

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun