LENSAINDONESIA.COM: Tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Rosalia Kurniasari, Belinda Kezia Purwanto, dan M Dinandya Hendrico luncurkan aplikasi bernama Anti Covid untuk pelayanan bagi masyarakat.

Peluncuran aplikasi ini bekerjasama dengan beberapa tenaga medis dan relawan. Salah satu fitur andalan dari aplikasi itu yakni pelayanan rapid test di rumah masing-masing warga.

Rosalia Kurniasari mahasiswa Departemen Teknik Kimia mengatakan, pembuatan aplikasi ini dilatarbelakangi dengan ketakutan masyarakat pergi rapid test ke rumah sakit, karena takut terpapar COVID-19.

Selain itu, untuk kepentingan pengguna aplikasi saat akan menaiki kereta api atau bus yang memerlukan hasil rapid test.

“Saat ini bayak masyarakat yang takut ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan dengan aplikasi ini akan membantu permasalahan tersebut. Sehingga masyarakat itu tidak perlu khawatir terkena virus COVID-19 dari rumah sakit,” terangnya, Sabtu (02/01/2021).

Nantinya hasil rapid tes dapat diunduh melalui aplikasi tersebut. Jika hasilnya reaktif, maka pengguna aplikasi disarankan isolasi dengan pengawasan relawan dan tenaga medis.

Selain fitur rapid test di rumah, pada aplikasi tersebut nantinya ada konsultasi seputar COVID-19 dengan dokter melalui daring.

“Nantinya pengguna juga dapat mengetahui berita kesehatan terbaru khususnya mengenai info COVID-19,” imbuhnya.

Aplikasi ini juga dapat melacak lokasi pengguna dengan sistem director finding menggunakan Bluetooth 5.1 BLE (Bluetooth Low Energy) sehingga tidak menguras baterai cukup banyak.

Nantinya, jika masing-masing pengguna saling berdekatan, dalam aplikasi itu akan muncul notifikasi peringatan untuk saling berjaga jarak untuk mencegah penularan COVID-19.

“Kami berharap aplikasi ini bisa dilanjutkan ke aplikasi sebenarnya. Sehingga dapat membantu melindungi dan mengedukasi masyarakat. Lalu untuk mempermudah pelayanan kesehatan, apalagi di masa pandemi era new normal seperti sekarang ini,” tandasnya.@wendy

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun