LENSAINDONESIA.COM: Belakangan ini jumlah pasien terpapar Covid-19 kembali melonjak di Jawa Timur. Per Sabtu (2/1/2020), total keseluruhan ada 85.762 penderita. Sedangkan untuk Surabaya sendiri total pasien positif yang dirawat ada 18.248 pasien.

Kendati demikian, jumlah kesembuhan pasien juga banyak. Dilansir dari website resmi Pemprov Jatim http://infocovid19.jatimprov.go.id/ sebanyak 73.737 pasien dan di Surabaya 16.845 pasien sembuh.

Dokter senior Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kogabwilhan II, dr Christrijogo Sumartono memberikan sedikit tips bagi penyintas Covid-19 untuk kembali memaksimalkan fungsi paru-parunya.

Ia mengajurkan penyintas tidur tengkurap. Menurutnya, terapi ini berfungsi mengaktifkan paru bagaian belakang dan juga untuk drainase cairan yang ada di dalam paru-paru.

“Kalau dirasa berat, bisa diawali dengan tidur miring terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan tengkurap. Terapi ini sangat membantu upaya pemulihan fungsi paru-paru pasca Covid-19,” terangnya, Rabu (3/1/2021).

Di lain sisi, bagi pasien yang tengah menjalani perawatan diharap selalu berpikir positif dan tidak terbebani pikiran lain, selain yakin kesembuhan dari Covid-19.

“Pikiran-pikiran yang lain harus dikesampingkan dulu, pasien harus konsentrasi dan semangat untuk sembuh dengan cara makan yang banyak, tetap memperhatikan protokol kesehatan, berpikiran positif dan yakin sembuh,” imbuhnya.

Ia juga menyarankan pasien untuk jujur tentang kondisi tubuhnya kepada tenaga kesehatan, itu dilakukan supaya pasien dapat penanganan yang maksimal.

Diketahui, selain memberikan pelayanan medis. RSL Kogabwilhan II sendiri memberikan pelayanan non-medis berupa pendampingan psikologi, kesehatan lingkungan, ekonomi, sosial kemasyarakatan, advokasi pekerjaan, dan lainnya.

Hal tersebut dilakukan karena stigma negatif kerap muncul dari masyarakat bagi penyintas Covid-19. @wendy