LENSAINDONESIA.COM: Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan pada Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani Ruspitawati menyampaikan, DKI Jakarta akan mendapat jatah 120 ribu dosis vaksin COVID-19. Pendistibusian vaksin akan dilakukan secara bertahap.

“Total yang kita terima 120.050 untuk tahap pertama,” katanya seperti dikutip medcom.id, Senin (04/01/2021).

Ani menyampaikan 39.200 vaksin telah diterima melalui Dinas Kesehatan. Pengiriman berikutnya sebanyak 80.850 vaksin pada 7 Januari 2021.

Penerima vaksin tahap pertama ditujukan kepada tenaga kesehatan dengan jumlah 119.145 orang. Kata dia, vaksin juga akan diberikan ke masyarakat secara bertahap.

Menurut Ani, sasaran penerima vaksin merujuk pada data pemerintah pusat. Data ini dihimpun dari Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyusun tahapan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk kelompok prioritas pertama. Program itu akan menyasar 20.473 orang per hari.

Vaksinasi tahap pertama paling cepat digelar pada pekan kedua Januari 2021. Namun, jadwal ini berpotensi mundur lantaran vaksin menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM yang berwenang mengeluarkan emergency use authorization (EUA) atau penggunaan situasi darurat untuk vaksin COVID-19.@LI-13

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun