LENSAINDONESIA.COM: Petugas gabungan dari Polsek Lakarsantri, TNI, Satpol PP dan jajaran kecamatan setempat menggelar razia protokol kesehatan (Prokes) COVID-19, Senin malam (04/01/2021).

Razia penegakan protokol kesehatan tersebut menyasar warkop (warung kopi) di sepanjang Jl Lakarsantri sampai Jl Jeruk, Surabaya.

Kapolsek Lakarsantri AKP Hendrix Kusuma Wardhana mengatakan, sedikitnya ada 20 orang ditemukan melanggar Prokes kerana tidak menggunakan masker dan menjaga jarak satu dengan lainnya saat nongkrong di warkop. Petugas pun menyita Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka sebagai bukti pelanggaran (tilang).

“Kami lakukan tilang KTP terhadap 20 pengunjung yang melanggar protokol kesehatan. Karena mereka waktu nongkrong tidak menggunakan masker,” paparnya, Selasa (05/01/2021).

AKP Hendrix menambahkan, razia prokes di tempat keramaian yang dia lakukan tersebut, didasari dengan Perwali 67 tahun 2020 tentang protokol kesehatan, dan Inpres No 6 tahun 2020.

Tak hanya menjaring 20 orang pelanggar Prokes, petugas juga menyegel sebuah warung kopi pinggir jalan raya tersebut.

“Padahal sudah disosialisasikan, akhirnya kita bersama dengan tiga pilar melakukan penyegelan. Sebab warung itu ramai, ditegur juga bandel,” pungkasnya.@wendy