LENSAINDONESIA.COM: Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menyampaikan, vaksinasi COVID-19 tahap pertama di Kota Surabaya direncanakan berlangsung pada tanggal 15 dan 16 Januari 2021.

Hal itu disampaikan Whisnu usai Rapat Koordinasi (rakor) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes) dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui video conference (Vidcon) di Ruang Kerja Wali Kota Surabaya, Selasa Pagi (05/01/2021).

Berdasarkan Rakor, rencananya vaksinasi COVID-19 tahap pertama akan laksanakan pada 13 Januari di mulai dari DKI Jakarta. Selanjutnya vaksinasi COVID-19 akan ditindaklanjuti di tingkat provinsi dan kabupaten/kota pada tanggal 14-15 Januari 2021.

“Intinya untuk kesiapan vaksin ini akan dimulai serentak secara Nasional Minggu depan. Di Jakarta itu diawali tanggal 13 Januari 2021 hari Rabu,” ujar Whisnu usai mengikuti Rakor.

Rencananya Pemkot akan menggelar vaksinasi pada Kamis 15 Januari dan Jumat 16 Januari. Namun Pemkot masih akan memastikannya terlebih dahulu berapa jumlah dosis vaksin COVID-19 yang akan diberikan kepada Surabaya.

Whisnu menyampaikan, bahwa vaksin akan distribusikan oleh pemerintah pusat kepada seluruh pemerintah provinsi di Indonesia, baru kemudian dibagikan ke pemerintah kabupaten/kota. Karena itu, dirinya akan segera menginstruksikan jajarannya untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur terkait jumlah vaksin tersebut. “Vaksin COVID-19 dari Pemerintah Pusat turun ke provinsi,” katanya.

“Kita belum biasa dapat kepastian (jumlah vaksin yang akan diterima Surabaya). Karena hari ini baru tadi kita instruksikan Kadinkes dan Pak Sekda. Nah, kalau memang iya, berarti kita akan jadwalkan juga serentak hari Kamis 15 Januari dan Jumat 16 Januari,” ungkapnya.@budi

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun