LENSAINDONESIA.COM: Tidak mengindahkan peringatan petugas, empat warung kopi (Warkop) di Surabaya, yang sering melanggar jam malam dan protokol kesehatan akhirnya disegel Polsek Bubutan, Jumat (8/1/2021) malam.

Masing-masing warkop VOC, KUY, Bung Baroqh di Jl Demak dan Warkop Patuah di Jl Patuah. Sebelum disegel, petugas telah beberapa kali memberi imbauan namun tak diindahkan, sehingga dilakukan penyegelan.

Kapolsek Bubutan Kompol Bambang Prakoso mengatakan, penyegelan keempat warkop itu karena sering terjadi kerumunan tanpa ada jarak pembatas. Hal itu berpotensi besar terjadinya penularan virus.

“Pandemi virus Covid-19 belum berakhir. Selama ini kami telah memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan demi memutus rantai penyebaran virus,” terang Kompol Bambang.

“Kami sudah beberapa kali memberikan sosialisasi dan imbauan kepada pengelola empat warkop tersebut, baik dalam terkait Protokol kesehatan maupun pembatasan jam operasional. Namun mereka mengabaikan, sehingga kami lakukan tindakan tegas berupa penyegelan,” tambahnya.

Kompol Bambang menambahkan lebih lanjut, selain upaya memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19, pihaknya juga mengawal Perwali 67 tahun 2020 tentang jam malam.

‘Dalam penanganan penyebaran pandemi covid-19, sudah sangat jelas, Presiden telah memberikan intruksi dengan mengeluarkan Inpres nomor 6 tahun 2020. Untuk mendukung itu juga dikeluarkan Pergub nomor 53 tahun 2020 dan Perwali nomor 67 tahun 2020,” pungkas Kompol Bambang. @rofik