LENSAINDONESIA.COM:  Jim Bob Moffett, salah satu pendiri dan mantan CEO Freeport-McMoRan Inc, merupakan perusahaan induk PT Freeport Indonesia meninggal dunia di Austin, Texas, AS, akibat komplikasi dari serangan Covid-19.

Bob Moffet sang mantan big boss perusahaan pertambangan dikutip dari CNBC Indonesia, yang tercatat di bursa New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode saham FCX, dikenal sebagai wildcatter dan dermawan. Sekaligus, pendukung kampanye lingkungan. Dia dikabarkan meninggal tepatnya, Jumat (8/1/2021). Usianya genap 82 tahun.

Tak pelak, elite pertambangan AS berduka. Bob Moffer di AS, wildcatter legendaris. Dia juga dikenal sebagai figur dunia jago mengebor sumur tipe wildcat , yaitu sumur eksplorasi minyak yang dibor di daerah yang tidak diketahui sebagai ladang minyak.

“Jim Bob adalah seorang legenda bagi [Universitas] Texas. Dia sangat berperan dalam keberhasilan departemen atletik [kampus] kami,” kata Chris Del Conte, Direktur Atletik Universitas Texas (UT), kepada American-Statesman pada Sabtu, Minggu (10/1/2021).

“Dia adalah salah satu ‘kucing liar’ yang original. Seorang Texas yang legendaris. Seorang tukang minyak [wildcatter]. Dia lebih besar dari kehidupannya. Dia akan sangat dirindukan,” imbuh Direktur Alantik UT.

Bubba, putra Bob Moffett, mengatakan kepada situs Nola.com, bahwa ayahnya sebelum tertular Covid-19, sudah menderita sakit selama beberapa tahun terakhir.

Bubba pun menyebut ayahnya ini sebagai pahlawannya. “Dia adalah pahlawanku,” kata Bubba, yang kini sebagai presiden Crescent Crown Distributing, sebuah perusahaan bir dan minuman di Lousiana dan Texas.

Situs Nola melansir, Bob Moffet lahir di Houma, Louisiana pada 1938. Dia dan adiknya dibawa ibunya pindah ke Houston saat kedua orangtuanya itu bercerai. Berkat prestasinya di olahraga football, dia dapat beasiswa kuliah di UT. Dia meraih gelar master di Tulan University, News Orleans.

Tepatnya 1969, Bob Moffet mendirikan McMoRan Exploration. Perusahaan ini dibentuk bersama W K McWilliams Jr and B M Rankin.

Ketika 1981, McMoran Oil & Gas Co merger dengan Freeport Minerals Co dan menjadi Freeport-McMoran Copper & Gold Inc.

Sekitar 1972, Freeport-McMoran mengembangkan tambang emas dan tembaga Grasberg di Papua, yang menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Tahun 2015 saat investor Carl Icahn mengakuisisi 8,5% saham di Freeport, Bob Moffet mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO Freeport-McMoran.

Tiga tahun pasca mundurnya Bob Moffet, tepatnya Desember 2018, Holding BUMN Tambang PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau MIND ID berhasil menguasai 51,2% saham Freeport Indonesia. @jrk