LENSAINDONESIA.COM: Polda Jatim membentuk Satgas PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) untuk mengontrol kepatuhan masyarakat saat pandemi Covid-19. Satgas ini bakal mulai melakukan tugasnya berkeliling melakukan operasi mulai nanti malam.

Pembentukan satgas ini telah disepakati jajaran Forkopimda dari 11 pemerintah kabupaten/kota di Jawa Timur yang terlibat pelaksanaan PPKM berikut seluruh Kapolres jajaran melalui rapat online.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Gatot Repli Handoko menyebut, dalam satgas tersebut terdiri dari personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Pemda dan instansi terkait lainnya dengan total 1.677 personel.

“Ada 837 personel Polri dan 355 dari temen-temen personel TNI, instansi lain ada 492. Untuk cadangan back up daerah dari Polda Jatim ada 445 personel,” paparnya, Senin (11/1/2020).

Nantinya, Satgas tersebut akan melakukan patroli mulai pukul 20.00 WIB, untuk melakukan pengecekan aktifitas masyarakat, pusat perbelanjaan, tempat hiburan malam, warung kopi dan sejumlah tempat lainnya.

“Targetnya nanti jam 19.00 WIB sudah tidak ada lagi kegiatan masyarakat. Kami nanti ada patroli kepatuhan itu mulai pukul 20.00 WIB. Satgas akan mengecek beberapa tempat-tempat apakah ada yang masih buka. Jam 8 malam sudah harus tidak ada kegiatan” tegasnya.

Apabila ditemukan pelanggaran, maka pihaknya akan memberikan beberapa sanksi yang berlaku di daerah tersebut dan juga tergantung tingkat fatal pelanggaran.

“Sanksi ya seperti biasa ada teguran, denda. Kalo ada yang positif langsung kita bawa ke tempat isolasi. Swab di tempat tetap ada,” pungkasnya. @wendy