LENSAINDONESIA.COM: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memperkirakan vaksinasi COVID-19 untuk 181 juta orang di Indonesia bisa selesai dalam 8 bulan. Perkiraan ini berdasarkan perhitungan jumlah vaksinator (petugas penyuntik vaksin) yang tersebar di layanan kesehatan di seluruh Indonesia.

Pada perkiraan perhitungan awal, vaksinasi COVID-19 untuk 181 juta masyarakat Indonesia memerlukan waktu sekitar 15 bulan. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap vaksinasi bisa dilakukan lebih cepat dalam 12 bulan.

Kerena itu, Budi pun melakukan perhitungan kembali, yang memperhitungan kapasitas rumah sakit, puskesmas, serta klinik yang bisa melakukan vaksinasi.

“Untuk kapasitas vaksinasi, kami melakukan berbagai macam cara perhitungan. Kalau dihitung-hitung, kapasitas suntik kecil bisa 100 suntikan perhari, sedangkan kapasitas suntikan besar bisa 300 suntikan per hari. Artinya, 32 juta suntikan per bulan. Jadi, kalau menyuntik 181 juta orang, ya 6-7 bulan selesai,” terang Budi di Gedung KPK Jakarta, seperti ditulis liputan6.com, Senin (11/01/2021).

Selain itu, Menkes Budi mencoba berhitung dari sisi jumlah vaksinator. Jumlah vaksinator sebesar 32.000 orang.

“Ambillah 30.000 orang gitu ya, ini sedang dalam proses dilantik. Masing-masing vaksinator bisa menyuntik 30-40 orang,” lanjutnya.

Melihat jumlah vaksinator dan penyuntikan, Budi menghitung, masing-masing vaksinator bisa menyuntik vaksin Corona itu 30 orang per hari.

“Jadi, 30 orang yang disuntik dikali 30.000 vaksinator per hari. Maka, total 900.000 orang yang disuntik per hari atau 27 juta orang per bulan,” katanya.

“Kalau butuh 181 juta orang yang disuntik, seharusnya dalam waktu 8 bulan sudah selesai.”

Di sisi lain, Budi mengapresiasi kapasitas rumah sakit, puskesmas, dan posyandu yang sudah dimiliki Indonesia. Indonesia memiliki layanan kesehatan yang baik untuk mendukung program vaksinasi.

“Sekarang, (yang dipikirkan) tinggal jumlah vaksin Corona saja. Yang harus kami lakukan adalah bernegosiasi supaya jumlah vaksin datang lebih cepat,” pungkasnya.@LI-13

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun