LENSAINDONESIA.COM: Ketua Prodi Magister Kedokteran Kerja FKUI, Dr. dr. Dewi Soemarko, MKK, Sp.Ok mengingatkan, bahwa selain bahaya virus ( Covid-19), hal yang juga harus diwaspadai adalah pandemic fatigue atau kelelahan akan pandemi.

Lamanya pandemi hingga 10 bulan saat ini, kata dr. Dewi, berpotensi orang akan acuh terhadap masalah yang dihadapi dan mempunyai dampak pada penurunan kesadaran pada disiplin protokol kesehatan.

Pandemic fatigue merupakan kondisi ketika seseorang lelah dengan ketidakpastian kapan sebuah pandemi akan berakhir. Dirinya mengatakan hal tersebut memang bisa terbilang ringan diatasi.

Namun, menurut Pakar UI ini,  hal yang perlu diwaspadai ialah penderita pandemic fatigue secara kelompok, karena bisa membawa pengaruh buruk atau pun mengajak untuk tidak mematuhi protokol kesehatan ke orang lain.

Dengan menurunya kesadaran akan penerapan protokol kesehatan, akan membawa dampak potensi penyebaran dan penularan Covid-19 yang justru merugikan banyak orang.

“Intinya yang untuk kita konsen itu adalah yang terjadi pada sekelompok orang banyak. Nah itu tentu bisa saja merugikan semua orang dan terutama berdampak ke negara,” ujar Dewi melalui video conference BNPB Indonesia, Senin (11/1/2021).

Sebab itu, dr Dewi mengimbau kepada masyarakat untuk secara bersama menghilangkan dan melawan rasa malas terhadap kepatuhan protokol kesehatan. Menurutnya, hal tersebut bisa dilawan dengan melakukan kegiatan aktif dan berbeda setiap harinya sehingga rasa pandemic fatigue tidak menghampiri.

Ia menambahkan, bahwa karena pentingnya protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19, masyarakat perlu menjadikan protokol kesehatan ini menjadi sebuah kebiasaan dalam keseharianya (aktivitas).

Sekedar diketahui, menurut WHO, pandemic fatigue adalah hal yang wajar dialami setiap orang. Meski begitu, kita diharapkan tetap harus mengikuti protokol kesehatan untuk membantu menurunkan infeksi COVID-19 dan juga perlu menemukan cara yang efektif untuk menjaga kesehatan mental.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun