LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 15 juta bahan baku vaksin Covid-19 tahap tiga sudah tiba di Bandara Soekarno Hatta, Selasa siang (12/1/2021)

Bahan baku vaksin asal China, Sinovac ini diangkut dengan menggunakan pesawat Garuda.

Berdasarkan pantauan dari akun resmi Youtube Sekretariat Presiden, bahan baku vaksin tersebut terlihat diturunkan satu per satu dari bagasi pesawat kemudian ditempatkan di dalam kontainer.

Setelah diturunkan, masing-masing boks disemprot desinfektan. Tampak sejumlah petugas bergegas menjaga proses pemindahan vaksin tersebut.

Selain itu, juga terpantau Ketua Satgas Pananganan Covid-19, Doni Monardo hadir melihat kondisi kedatangan bahan baku vaksin tersebut.

Doni Monardo menyampaikan, vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan Rabu besok (13/1/2021), tidak boleh membuat masyarakat kendur menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Selain itu, dia menambahkan, bahan vaksin ini nanti kemudian akan diproses oleh Bio Farma agar siap digunakan untuk kebutuhan vaksinasi.

“Jangan kendur melaksanakan protokol kesehatan. Vaksinasi Covid-19 harus dimbangi kepatuhan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan,” imbau Doni.

Dalam perkembangan kasus Covid-19 hingga saat ini, Doni mengungkap, bahwa kasus aktif Covid-19 di Tanah Air mengalami peningkatan di beberapa bulan terakhir. Saat ini kasus aktif Covid-19 tercatat mencapai 120.000-an.

“Pada tahap ketiga ini pemerintah sudah menambahkan dosis vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat,” terangnya.

Selanjutnya, Doni pun meminta agar pemerintah daerah mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk melaksanakan vaksinasi, terutama dalam menyediakan posko dari tingkat provinsi, kabupaten kota, kelurahan, dan desa.

“Kita berharap penanganan Covid-19 di Tanah Air semakin membaik dengan kerja sama seluruh komponen masyarakat. Kolaborasi gotong royong menjadi kekuatan bangsa kita,” terang Doni.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun