LENSAINDONESIA..COM: Hari kedua Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) di Surabaya, Tim Pemburu Protokol Kesehatan Jatim, menggelar razia di beberapa tempat hiburan.

Petugas gabungan terdiri dari Satpol PP Pemprov Jatim, Polda Jatim, TNI, Ormas dan relawan Covid-19, mendapati sejumlah tempat hiburan mokong yang nekat beroperasi. Di antaranya Hensman Grill & Bar di Jl dr Wahidin 20 dan
Cafe Black Barn Jl Untung Suropati 301.

Saat petugas datang, Hensman Grill & Bar menyajikan live musik dan tidak mengindahkan imbauan pemerintah dalam penerapan physical distancing.

Kasatpol PP Pemprov Jatim, Budi Santosa yang memimpin razia menyebut kedua tempat itu tak patuh dengan tetap beroperasi di saat pemerintah berusaha memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19.

“Tempat yang melanggar, kami lakukan BAP serta penyegelan. Kami akan panggil penanggung jawabnya. Berkas lalu kami limpahkan ke Satpol PP Kota Surabaya, untuk dilakukan proses penutupan atau penyegelan,” terang Budi.

Selain penanggung jawab, Trantib Satpol PP Kecamatan setempat juga akan dimintai keterangan. “Nanti hasil keterangan dari Trantib kecamatan bakal kami limpahkan ke Pemkot Surabaya,” paparnya lebih lanjut.

Dalam razia kali ini petugas melakukan penyegelan terhadap peralatan musik dan tempat duduk agar tidak digunakan lagi oleh pengelola. “Kami sudah berkoordinasi dengan Dirsabhara Polda Jatim. Beliau tegas mengatakan, bila segel dirusak, maka akan ditindak pidana,” pungkasnya. @rofik