LENSAINDONESIA.COM: Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo menilai masih ada perbedaan kepatuhan protokol kesehatan antara tayangan berita dan Variety Show di stasiun televisi.

Menurut Doni, mereka yang tampil di tayangan berita sudah baik dalam menunjukkan kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan dengan memakai masker.

Namun, berbeda halnya dengan Variety Show. Doni pun menyinggung beberapa figur publik (artis) yang tampil di Variety Show yang tidak mengenakan masker dan faceshield dengan baik. Sentilan ini menjadi kritik yang harus dijadikan pembelajaran agar penerapan protokol kesehatan harus tetap dijalankan, guna mencegah penularan Covid-19.

“Variety show, beberapa idola masyarakat ini tidak menggunakan masker dengan baik, ada faceshield diberikan tidak dipasang dengan baik, seolah ini hanya sebagai hal yang tidak menentukan, padahal ini nyawa kita semua,” ujar Doni dalam rapat kerja Komisi VIII DPR, Kamis (14/1/2021).

Doni mengaku, pihaknya telah bertemu dengan pemimpin televisi dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) agar melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran kolektif kepada masyarakat guna mematuhi protokol kesehatan.

“Untuk patuh protokol kesehatan terutama acara variety show, untuk news berita sudah bagus sekali,” terang Doni.

Untuk itu, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 ini pun mengimbau para publik figur agar memberi panutan, dan tidak keliru dalam melakukan tindakan terutama dalam melaksanakan protokol kesehatan. Karena, setiap perilaku publik figur akan mempengaruhi perilaku masyarakat.

“Kultur masyarakat kita melihat. Nah ketika yang dilihat itu beri contoh tidak baik diikuti, ini yang harus kita cegah,” pungkasnya.

Doni kembali menekankan, pentingnya protokol kesehatan harus tetap dijalankan kendati saat ini sudah ada vaksin Covid-19.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun